Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sulitnya Cari Jaket yang Bisa Melindungi Leher dari Lilitan Kabel Fiber Optik

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini kejadian pengendara motor lehernya terlilit kabel fiber optik. Pengendaranya tidak sadar, baru setelah jalan cukup jauh, lehernnya seperti tercekik dan meninggalkan bekas luka.

Kejadian pengendara yang terlilit kabel baik fiber optik atau sebagainya memang sering terjadi. Salah satu cara buat menghindarinya adalah dengan memakai jaket yang modelnya menutup leher.

Cuma sayangnya, tidak begitu banyak produsen jaket yang membuat model sampai melindungi leher bagian depan. Seperti yang dikatakan Danis, Store Manager Casco Motoworld, belum ada jaket yang modelnya begitu.

"Untuk jaket motor itu enggak ada yang sampai melindungi leher. Bahkan di MotoGP dan Touring, enggak ada yang sampai memproteksi leher," kata Danis kepada Kompas.com, Sabtu (6/1/2024).

Cuma ada satu merek Jepang yakni Komine yang membuat neck protector, pelindung leher. Cuma pelindung tersebut lebih menutup bagian belakang, bukan depan.

"Jadi kalau kecelakaan, bagian lehernya terlindungi," kata Danis.

Jadi pilihannya paling mencari jaket di luar model untuk berkendara, yang memang lehernya cukup tinggi. Lalu bisa juga dengan memakai buff atau balaclava, tapi perlindungannya tetap tidak maskimal kalau terlilit kabel fiber optik.

"Enggak akan ngaruh kalau kenanya fiber optik, kecuali kalau kayak benang layangan (lebih aman)," kata Danis.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/06/170200115/sulitnya-cari-jaket-yang-bisa-melindungi-leher-dari-lilitan-kabel-fiber

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke