Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Tren Modifikasi Mobil 2024, Modif Mobil Listrik

Kompas.com - 03/01/2024, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring perkembangan zaman tren modifikasi kendaraan roda empat di Indonesia terus mengalami perubahan.

Pada tahun 2020-2022 tren modifikasi lebih mengarah pada yang lebih simpel dan mengutamakan fungsionalitas. Tren ini tak terlepas dari pandemi Covid-19 yang turut mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia.

Tahun 2023, menjadi era pemanasan bagi para modifikator, terlebih melihat kondisi pandemi yang mulai membaik.

Tak sedikit dari para pelaku modifikasi yang melakukan ubahan masif dengan melakukan ubahan pada pelek, fitment extrem, camber, hingga wide body.

Baca juga: Daftar Harga Hatchback Awal 2023, Termurah Rp 281 Jutaan

Lantas, bagaimana dengan tren modifikasi mobil di tahun 2024 ini?

Pentolan rumah modifikasi BTX Concept Reindy Riupassa mengatakan, modifikasi electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik tampaknya akan menjadi tren di 2024.

Hal ini tak terlepas dari sejumlah pabrikan yang menawarkan mobil listrik dengan harga yang cukup terjangkau.

Bodykit Ioniq 5 garapan Coga Bodykitdok pribadi Andra Platinum Auto Workshop (PAW) Bodykit Ioniq 5 garapan Coga Bodykit

“Untuk tahun 2024 mungkin modifikasi mobil listrik akan semakin banyak, karena dengan adanya tipe-tipe mobil listrik yang keluar dengan harga lumayan terjangkau sehingga membuat anak muda melirik mobil listrik,” ucap Reindy, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, mobil listrik yang memiliki sejumlah kelebihan seperti bebas ganjil genap, dan lebih irit karena tidak menggunakan bahan bakar, membuat mobil ini semakin banyak dilirik oleh modifikator muda.

Baca juga: Stok Terbatas, Kia Sonet Diskon Rp 40 Juta, Seltos Rp 55 Juta

Kendati demikian, Reindy mengaku, untuk modifikasi mobil listrik kebanyakan akan bermain pada sektor eksterior dan interior saja.

“Untuk modifikasi mobil listrik lebih kepada bagian eksterior dan interior saja, karena untuk dinamo dan baterai sedikit rizkan dan bisa membuat garansi dari mobil tersebut hilang,” kata Reindy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com