Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengiriman Mobil Baru ke Konsumen, kenapa Tidak Pakai Towing?

Kompas.com - 31/12/2023, 13:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membeli mobil baru konsumen tinggal menunggu mobil dikirimkan ke rumah. Biasanya mobil dikirim dengan cara dibawa atau dijalankan oleh sopir diler atau sales yang bersangkutan.

Salah satu contoh pengiriman mobil baru dengan cara dijalankan atau dikendarai ialah video viral yang diunggah akun TikTok, masraflitoyota.

Baca juga: Video Viral, Pengendara Motor Jatuh karena Skateboard Meluncur ke Jalan

Dalam video tersebut, sang kreator video menceritakan kisahnya saat mengirimkan mobil baru ke konsumen. Saat di jalan dia diserempet oleh pengendara sepeda motor yang membuat mobil baret.

Auto2000Auto2000 Auto2000

Timbul pertanyaan mengapa pihak diler mengirimkan mobil baru ke konsumen dengan cara dijalankan padahal cukup berisiko dan tidak di-towing atau diangkut pakai truk biar lebih aman.

Pertanyaan tersebut memenuhi kolom komentar video. Sang kreator video yang diketahui bernama Rafli kemudian menjawab bahwa mayoritas mobil yang dikirim dari diler memang tidak di-towing.

"Towing hanya CBU khusus aja, selebihnya bayar pribadi," tulis keterangan di kolom komentar dikutip Kompas.com, Minggu (31/12/2023).

Salah satu wiraniaga diler Toyota yang minta identitasnya diharasiakan, mengatakan, mayoritas diler mengirimkan mobil baru dengan cara dikendarai untuk menekan biaya operasional.

Baca juga: Kecelakaan Tesla Cybertruck Pertama di Dunia, Ditabrak Corolla

Ilustrasi mengemudi saat hujan, menggunakan Honda Brio RS faceliftKompas.com/Donny Ilustrasi mengemudi saat hujan, menggunakan Honda Brio RS facelift

"Memang regulasinya begitu, mungkin biaya juga," ujar sales tersebut kepada Kompas.com.

"Kalau semua mobil harus di-towing, berarti diler harus punya minimal tiga towing buat kirim unit doang, terus khusus di Jakarta dan sekitarnya juga banyak jalan-jalan sempit atau komplek yang tidak bisa diakses sama towing," ujarnya.

Sales Toyota tersebut menjelaskan, mobil yang di-towing hanya untuk mobil-mobil premium.

"Ada mobil-mobil premium itu dapat fasilitas towing, misalnya seperti Alphard ke atas," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com