Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Poin Penting Atur Barang Bawaan di Bagasi Mobil Saat Liburan

Kompas.com - 27/12/2023, 15:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki libur tahun baru 2024, perjalanan bersama keluarga pakai mobil memang menyenangkan. Cuma, ada satu hal yang harus diperhatikan ketika mengemas barang di bagasi.

Bagasi mobil terutama model MPV dan SUV biasanya tergabung dalam kabin yang sama dengan penumpang. Beda dengan sedan yang bagasinya ada di belakang, terpisah dari kabin.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, ketika menaruh barang di bagasi, ada empat hal yang harus diperhatikan. pertama pastikan barang terikat.

Baca juga: Tiga Kesalahan yang Dilakukan Pengemudi di Jalan Saat Liburan

Volume bagasi Wuling Alvez sekitar 387,5 liter paling kecil dibanding Honda HR-V dan Hyundai Creta.KOMPAS.com/Gilang Volume bagasi Wuling Alvez sekitar 387,5 liter paling kecil dibanding Honda HR-V dan Hyundai Creta.

"Memang kejadian selip atau mobil terbalik jarang terjadi, tapi tidak ada salahnya mempersiapkan sedini mungkin. Jangan sampai barang tersebut terlempar saat mobil hilang kendali, pakai cargo net," kata Sony kepada Kompas.com, Rabu (27/12/2023).

Kemudian, jangan membawa bobot yang terlalu besar di bagasi. Sehingga, mobil tidak kehilangan keseimbangannya karena bobot yang berlebih di area belakang.

Baca juga: Jangan Pakai e-Toll Berbeda Saat Bayar, Bisa Kena Denda Tinggi


"Ketiga, perhatikan peletakan barang, susun dari paling berat ke ringan, bawah ke atas. Tujuannya supaya titik gravitasi mobil tetap terjaga," kata Sony.

Terakhir, hindari membawa muatan yang mudah terbakar, apalagi sensitif terkena paparan matahari. Sebagai saran, boleh saja pakai roof box, cuma diisi dengan barang yang ringan, karena bisa ganggu keseimbangan mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com