Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejadian Langka, Gardan Bus PO ALS Lepas dari Bodi

Kompas.com - 20/12/2023, 14:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini viral sebuah foto yang menampilkan kejadian unik yang menimpa bus AKAP . Gardan dari bus tersebut terpisah dari bodi bus sehingga harus berhenti di tengah-tengah perjalanan. 

Kejadian tersebut dibagikan oleh sebuah foto yang diunggah oleh akun Instagram @indo_busmate.id, hanya saja tidak disebutkan kapan dan lokasi kejadinya. 

Namun dari foto tersebut disebutkan bila bus merupakan milik PO ALS yang tengah bertugas mengantarkan paket barang dan penumpang. Lantaran kejadian ini, ban bus belakang jadi terlepas dan berada di luar bodi bus. 

Baca juga: Hitung Ongkos Liburan Jakarta-Surabaya Pakai Suzuki XL7 Mild Hybrid

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, fenomena langka ini bisa terjadi karena perawatan kendaraan yang buruk.

"Kita tahu kalau unit bus AKAP itu seperti kuda pacuan, kadang istirahat cuma hitungan jam dan harus kejar ritase untuk cari cuan, lalu kapan perawatannya? Paling cuma inspeksi alakadarnya," kata Sony kepada Kompas.com, Rabu (20/12/2023). 

Baca juga: Cara Daihatsu Kawal Konsumen Liburan Akhir Tahun

Sony mengatakan, minimnya perawatan pada bus akhirnya menimbulkan masalah yang tidak jauh dari korosi pada kaki-kaki yang menumpu gardan.

Faktor tersebut juga ditambah oleh kondisi unit yang tidak aman seperti seringnya overload atau cara mengemudi sopir yang rata-rata menekan gas dan rem yang agresif. Belum lagi,  bus sering menikung sampai miring seperti kapal oleng. 

"Jadi kejadian tersebut tidak aneh, sudah bisa terbaca sebelumnya tapi karena faktor cuek dari pengemudi akhirnya tunggu rusak dulu," kata Sony. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com