Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 9 Jenis Kartu yang Bisa Dipakai untuk Bayar Tol

Kompas.com - 18/12/2023, 16:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Uang elektronik ada banyak jenisnya, bisa berupa kartu dan juga menggunakan smartphone. Namun, untuk bisa membayar Tol, konsumen hanya bisa menggunakan jenis kartu.

Sementara itu, tidak semua uang elektronik dalam bentuk kartu bisa digunakan untuk membayar tol, karena biasanya uang elektronik berupa kartu bertujuan untuk mempermudah pelanggan yang berkaitan dengan penerbitnya.

Misal bank Mandiri, sudah pasti menerbitkan kartu yang nantinya bisa mempermudah urusan konsumen. Maka dari itu, bisa disimpulkan tidak semua uang elektronik dalam bentuk kartu bisa digunakan untuk membayar Tol.

Baca juga: Libur Akhir Tahun, Cek Daftar Rest Area dengan SPBU di Tol Trans-Jawa

Cara top up e-money Mandiri lewat aplikasi BSI Mobile dengan mudah dan praktisTangkapan layar laman bankmandiri.co.id Cara top up e-money Mandiri lewat aplikasi BSI Mobile dengan mudah dan praktis

Berikut ini uang elektronik dalam wujud kartu yang bisa digunakan untuk membayar tol:

1. E-money Mandiri

Secara khusus bank Mandiri menerbitkan E-Money dalam bentuk kartu yang bisa digunakan oleh konsumen untuk membayar banyak hal seperti Tol, Transjakarta, Transjogja, Commuter Line, MRT Jakarta, LRT Jakarta, tempat parkir, Merchant (Indomaret, Alfamart, dan lain-lain).

Hal itu tidak bisa dibalik, seperti kartu Commuter Line yang hanya bisa digunakan khusus untuk Commuter Line. Namun, ada beberapa kartu yang diterbitkan oleh perusahaan tertentu tapi bisa digunakan untuk banyak hal.

Baca juga: 28 Akses Gerbang Tol Dalam Kota yang Kena Ganjil Genap Jakarta

Gerbang Tol Cikampek UtamaJASA MARGA Gerbang Tol Cikampek Utama

2. Indomaret Card

Meski secara khusus Indomaret menerbitkan kartu bagi para anggota atau konsumen guna mendapatkan poin ketika berbelanja, faktanya kartu ini memiliki keistimewaan yakni bisa digunakan untuk membayar banyak hal.

Bahkan, bisa dibilang kegunaan Indomaret Card sama dengan E-Money yang diterbitkan oleh Mandiri karena kedua perusahaan memang menjalin kerja sama. Kartu ini bisa digunakan untuk membayar Tol, parkir, Commuter Line dan seterusnya.

3. E-Toll Card

Jasa Marga secara khusus menerbitkan uang elektronik berupa kartu hasil kerja sama dengan bank Mandiri. Kartu uang elektronik ini bisa digunakan untuk pembayaran tol dengan cara tap kartu e-Toll Card ke mesin reader gerbang tol.

Baca juga: Rincian Total Biaya Tol Jakarta-Surabaya, Tembus Rp 798.500

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau pengguna jalan yang akan memulai perjalanan arus balik kembali ke Jabotabek untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-toll) yang digunakan dalam perjalanan.Dok. Jasa Marga PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau pengguna jalan yang akan memulai perjalanan arus balik kembali ke Jabotabek untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-toll) yang digunakan dalam perjalanan.

Lalu, secara otomatis saldo di dalam uang elektronik tersebut akan berkurang. Kelebihan lain dari e-Toll Card ini, kamu bisa membelanjakannya di tempat-tempat yang terkoneksi Mandiri e-Money.

4. BCA Flazz

BCA juga menerbitkan uang elektronik berupa kartu dengan sebutan BCA Flazz. Kartu ini banyak memiliki kelebihan seperti untuk membayar Tol, Commuter Line, SPBU, belanja di berbagai pusat perbelanjaan bahkan saat makan di restoran.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com