Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat Biaya Tol Jakarta-Semarang saat Libur Nataru

Kompas.com - 17/12/2023, 14:55 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan Tol Jakarta-Semarang merupakan salah satu ruas jalan yang terhubung dengan Tol Trans Jawa.

Jalan tol ini menjadi ruas jalan yang dilalui oleh banyak pengendara saat musim libur tiba, seperti saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) seperti sekarang.

Sekadar informasi, besaran tarif tol Trans Jawa tahun ini berbeda dengan tarif tol dua tahun yang lalu. Untuk itu, jalan tol Jakarta-Semarang juga ikut mengalami perubahan tarif.

Baca juga: Ustadz Abdul Somad Bawa Harley-Davidson dan Mampir di Sitinjau Lauik

Arus kendaraan yang melintas di GT Kalikangkung mulai padatKOMPAS.COM/Muchamad Dafi Yusuf Arus kendaraan yang melintas di GT Kalikangkung mulai padat

Bagi yang ingin pergi ke Semarang dari Jakarta, pemudik akan melewati ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang (Kalikangkung), dan Semarang ABC.

Setiap gerbang tol memiliki tarif yang berbeda, maka dari itu pemudik harus mengetahui harga dari setiap gerbang tol untuk mengisi uang elektronik atau kartu tol.

Adapun untuk tarif kendaraan golongan 1 yang meliputi sedan, jip, pick up/truk kecil, dan bus, untuk ruas Jakarta-Semarang sekitar Rp 415.000.

Baca juga: Polisi Tilang Pemotor yang Kawal Ambulans, Netizen Meradang

Sementara itu, Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi menyebutkan, rencana rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan saat Nataru sudah berdasarkan kajian.

Artinya, penerapan rekayasa lalu lintas nanti bukan hanya berdasarkan kegiatan atau pengalaman sebelumnya. Sehingga, secara optimal akan memastikan keamanan dan kenyamanan jalan.

"Kami akan melakukan perhitungan terkait Volume Capacity Ratio (VCR), yakni metode untuk membandingkan antara volume kendaraan dengan kapasitas jalan," katanya.

Baca juga: Iming-iming Wuling untuk Konsumen Binguo EV 

Sejumlah kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah tersendat di Kilometer 188 - 189 perbatasan tol Cipali ke Pallikanci, pada Rabu (28/6/2023). Antrean ini disebabkan karena tiga buah unit kendaraan pribadi mengalami tabrakan beruntun. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Sejumlah kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah tersendat di Kilometer 188 - 189 perbatasan tol Cipali ke Pallikanci, pada Rabu (28/6/2023). Antrean ini disebabkan karena tiga buah unit kendaraan pribadi mengalami tabrakan beruntun. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Dengan perhitungan ini, akan menjadi panduan bagi petugas lalu lintas untuk memberlakukan skema-skema rekayasa lalu lintas, apakah sistem buka tutup, sistem satu arah, atau contra flow satu jalur, dua jalur, atau tiga jalur.

"Bagaimana kami menghitung dengan volume kapasitas rasio kami koordinasi dengan operator yang ada di jalan tol, alatnya traffic counting-nya juga sudah tersebar di penggalan-penggalan jalan tol sehingga kami bisa menghitung volume kapasitas rasio yang ada di penggalan-penggalan jalan tersebut," ujar Eddy.

Baca juga: Vespa Dapat Pengakuan Desain, Vespa KW Dilarang Dijual

Sejumlah kendaraan melintas di tol layang Jakarta-Cikampek II, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Sejumlah kendaraan melintas di tol layang Jakarta-Cikampek II, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.

Berikut ini tarif tol perjalanan dari Jakarta ke Semarang untuk kendaraan golongan I:

- Tarif Tol Dalam Kota: Rp 10.500
- Tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek): Rp 20.000
- Tarif Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali): Rp 119.000
- Tarif Jalan Tol Palimanan-Kanci (Palikanci): Rp 13.500
- Tarif Jalan Tol Kanci-Pejagan: Rp 29.500
- Tarif Jalan Tol Pejagan-Pemalang: Rp 60.000
- Tarif Jalan Tol Pemalang-Batang: Rp 46.000
- Tarif Jalan Tol Batang-Semarang: Rp 111.500
- Tarif Jalan Tol Semarang ABC: Rp 5.000
- Total: Rp 415.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com