Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usahakan Pakai Sarung Mobil Selama Musim Hujan supaya Cat Aman

Kompas.com - 15/12/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim hujan, pemilik dianjurkan untuk melakukan beberapa langkah perawatan mudah yang bisa menjaga kualitas mobil. Salah satu contohnya yakni menggunakan car cover, alias sarung mobil.

Aksesori ini sangat mudah dijumpai di toko-toko perlengkapan dan banderolnya mulai dari Rp 50.000 saja. Walaupun murah, manfaatnya besar untuk mencegah embun menempel di permukaan bodi.

Untuk diketahui, embun yang menempel di permukaan bodi adalah salah satu biang kerok penyebab cat terkelupas. Efeknya memang tidak langsung, tapi terjadi secara perlahan.

Baca juga: Royal Enfield Shotgun 650 Diperkenalkan, Estimasi Harga Rp 56 Jutaan

Ilustrasi mobil dengan cat bodi kusam dan pudar, serta headlamp buramKompas.com/Daafa Alhaqqy Ilustrasi mobil dengan cat bodi kusam dan pudar, serta headlamp buram

Noval Al-Hudah, Teknisi Mitsubishi Prabu Pendawa Motor, menjelaskan, embun sangat sering dijumpai selama musim hujan. Walaupun mobil diparkir di tempat teduh, ada kemungkinan embun tetap menempel di bodi.

“Kecuali (mobil) parkirnya di dalam garasi rumah, itu baru enggak ketempelan embun. Kalau parkirannya masih terbuka, pasti masih bisa ketempelan,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (12/12/2023).

Noval menambahkan, embun biasanya menempal saat malam dan menguap ketika pagi. Jika siklus ini terjadi secara terus-menerus, lapisan cat bodi akan rusak selang beberapa waktu.

Baca juga: Insiden Komunitas Avanza-Xenia dengan Fortuner, Pelaku Kena Sanksi Tegas

Ilustrasi mobil dengan cat bodi kusam dan pudarKompas.com/Daafa Alhaqqy Ilustrasi mobil dengan cat bodi kusam dan pudar

“Kalau selama dua bulan seperti ini terus, biasanya mulai kelihatan efeknya. Layer pertama cat pasti mulai kusam, kotor,” ujarnya.

Oleh karenanya, pengguna sangat dianjurkan untuk selalu menutup bodi mobil dengan sarung. Sikap disiplin semacam ini bisa sangat menjaga kualitas cat, dan mobil tetap terlihat bagus untuk waktu lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com