Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Usia Ideal Karet Wiper Mobil?

Kompas.com - 03/12/2023, 17:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Karet wiper merupakan komponen pendukung keselamatan berkendara khususnya pada saat musim hujan. Dengan karet wiper yang prima maka ketika hujan turun pandangan pengemudi akan lebih baik.

Karet wiper termasuk ke dalam onderdil fast moving yakni perlu diganti secara berkala karena kondisinya memang mudah memburuk. Elastisitas karet wiper bisa berubah lebih kaku dengan mudah ketika terkena panas.

Lantas, sebenarnya berapa lama sih usia ideal karet wiper mobil?

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Jangan Abaikan Kondisi Karet Wiper

Karet pada wiper blade mobil bisa getas bila sering terpapar panas dan tidak dirawatKOMPAS.com/Daafa Alhaqqy Karet pada wiper blade mobil bisa getas bila sering terpapar panas dan tidak dirawat

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan ada beberapa alasan karet wiper harus diganti yakni soal kelenturan atau elastisitas karet wiper dan kotoran.

"Maka, sebaiknya dalam satu tahun karet wiper itu harus diganti dua kali. Memang, biasanya saat perawatan berkala di cek oleh teknisi dan bila sudah memang melewati batas usia ditawarkan untuk diganti," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

"Tapi tak jarang batas usia karet wiper jatuh sebelum perawatan berkala. Jadi, amannya seperti itu. Sebab, kalau karet wiper sudah keras bisa sobek dan membuat blade pada wiper terkena kaca sehingga baret," lanjut Didi.

Baca juga: Alasan Kenapa Sedan Jarang Punya Wiper Belakang

Hujan di Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah. KOMPAS.COM/Muchamad Dafi Yusuf Hujan di Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

Didi menambahkan, selain karena batas usia beberapa hal yang menyebabkan karet wiper cepat rusak adalah sering memarkirkan mobil di bawah terik matahari.

Adapun harga karet penyeka kaca ini terbilang cukup terjangkau dibandingkan harga kaca yang rusak karena kelalaian pengguna.

“Untuk tipe wiper ini ada dua yang menggunakan frame atau blade dan yang tidak menggunakan frame, kedua tipe ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sekarang, paling populer jenis yang pakai frame,” ujar Didi

Nah, bila kondisi wiper sudah jelek, jangan ragu untuk menggantinya karena secara umum usia wiper cukup singkat hanya setengah tahunan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com