Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatian, Innova Zenix Hybrid Butuh Perawatan AC Khusus

Kompas.com - 03/12/2023, 12:41 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Berbagai jenis perawatan air conditioner (AC) mobil banyak ditawarkan di pasaran. Salah satunya adalah penggantian oli kompresor karena bila pelumas ini tidak diganti rutin bisa menyebabkan sistem AC gampang rusak.

Proses rusaknya bermula dari kotoran yang menumpuk akibat gaya gesek, lama-lama kualitas oli akan menurun sehingga kompresor mudah aus atau ngempos. Dampak buruk lainnya saluran AC bisa pampat sehingga mengganggu performa.

Maka dari itu, perawatan AC mobil perlu dilakukan sejak dini, termasuk mobil baru seperti Innova Zenix hybrid. Hanya saja konsumen perlu tahu bahwa perawatan AC pada mobil ini sedikit berbeda.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Rekomendasi Oli Mesin untuk Innova Zenix Hybrid

Test drive Kijang Innova Zenix HybridKOMPAS.com/Adityo Test drive Kijang Innova Zenix Hybrid

Eko Sulistyo, Technical Leader Nasmoco Demak mengatakan, perawatan AC pada Innova Zenix hybrid sedikit berbeda dengan mobil konvensional, pasalnya ada komponen yang berubah.

“Innova Zenix hybrid kini menggunakan kompresor elektrik, artinya putaran kompresor tidak lagi mengandalkan tenaga mesin melainkan dari tenaga baterai,” ucap Eko kepada Kompas.com, Sabtu (2/12/2023).

Eko mengatakan perubahan tersebut membuat mesin Innova Zenix hybrid kerja lebih ringan karena tidak lagi harus memutar kompresor. Dampak positifnya mobil lebih responsif dan efisien.

Baca juga: Innova Zenix Jadi Mobil Hybrid Bekas Paling Dicari Konsumen

Kompresor AC mobil listrik dan hybrid tidak lagi menggunakan puli karena sudah digerakkan oleh motor dari daya baterai.AC Mobil Jogja/Dewa Kompresor AC mobil listrik dan hybrid tidak lagi menggunakan puli karena sudah digerakkan oleh motor dari daya baterai.

Namun, konsumen harus hati-hati saat melakukan perawatan AC pasalnya tidak semua bengkel AC tahu bahwa mobil hybrid ini membutuhkan oli kompresor khusus.

“Oli kompresor yang digunakan Innova Zenix hybrid wajib bersifat isolator atau tidak bisa menghantarkan listrik, hal ini berkaitan dengan sistem kerjanya, kini sudah digerakkan oleh dinamo,” ucap Eko.

Menurut Eko oli kompresor yang masih bisa menghantarkan listrik justru bisa mengganggu kinerja AC pada Innova Zenix. Penggerak kompresor bisa bekerja tidak optimal karena aliran listrik bisa bocor ke bodi.

Dewa, Pemilik AC Mobil Jogja mengatakan spesifikasi oli kompresor untuk Innova Zenix hybrid berbeda dengan yang konvensional.

Baca juga: Ini Poin yang Harus Diperhatikan Saat Beli Innova Zenix Hybrid Bekas

Tipe G, versi termurah Innova Zenix HybridKOMPAS.com/STANLY RAVEL Tipe G, versi termurah Innova Zenix Hybrid

“Saya sudah siapkan mesin khusus untuk perawatan mobil hybrid karena membutuhkan oli kompresor yang berbeda, mobil listrik atau hybrid kan sudah menggunakan kompresor elektrik,” ucap Dewa kepada Kompas.com, Sabtu (2/12/2023).

Dewa mengatakan kompresor elektrik secara prinsip kerja sama saja dengan kompresor konvensional. Perbedaannya hanya pada penggerak sudah tidak lagi mengandalkan putaran mesin.

“Kalau dirawat dengan baik dan benar, seharusnya kompresor pada mobil hybrid lebih awet meski harganya jauh lebih mahal, jadi sebisa mungkin jangan sampai rusak,” ucap Dewa.

Nah, salah satu cara agar kompresor AC mobil awet adalah dengan melakukan servis rutin menggunakan metode dan oli kompresor sesuai yakni oli yang bersifat isolator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com