Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Motor Listrik, Ini 8 Cara Rawat Baterai agar Awet dan Optimal

Kompas.com - 02/12/2023, 11:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila dibandingkan dengan sepeda motor konvensional, secara perawatan memang motor listrik lebih mudah, bahkan bisa dibilang sangat minim.

Namun demikian, bagi pemilik jangan sampai menyepelekan soal baterai. Pasalnya, ini merupakan komponen inti yang punya peran penting bagi motor listrik.

Seperti diketahui, baterai menjadi sumber utama daya atau penggerak dari motor listrik. Bila pemilik sampai abai dalam hal perawatan, maka dampaknya akan sangat merugikan.

Untuk merawat dan menjaga baterai motor listrik tetap optimal, menurut Andry Dwinanda, General Manager PT Terang Dunia Internusa, pemegang merek motor listrik United E-Motor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Baca juga: Paket Konversi Motor Listrik Murah, Cuma Rp 4 Juta

Motor listrik United E3 dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini kerjasama United e-motor dengan Hyundai Motors dari Korea Selatan.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik United E3 dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini kerjasama United e-motor dengan Hyundai Motors dari Korea Selatan.

Andry mengatakan, pada umumnya, ada dua jenis baterai yang kerap dijumpai pada motor-motor listrik yang telah dipasarkan di Indonesia.

"Umumnya ada dua jenis baterai yang digunakan, yaitu Sealed-Lead Acid (SLA) dan baterai Lithium. Kedua jenis baterai tersebut dipakai di tipe-tipe motor listrik yang dirilis United E-Motor," ujar Andry dalam keterangan resminya, Sabtu (2/12/2023).

Sebagai informasi, untuk jenis baterai SLA digunakan pada motor listrik United E-Motor MX1200. Sementara untuk lithium untuk T1800, TX1800, dan TX3000.

Menurut Andry, untuk perawatan dari kedua jenis baterai motor listrik tersebut, ada delapan poin yang harus diperhatikan pemilik, yakni ;

Baca juga: Perusahaan Ini Siap Jadi Distributor Baterai Motor Listrik

1. Pencegahan overcharging : Pastikan menggunakan charger yang sesuai dengan spesifikasi baterai. Pilih charger otomatis yang dapat menghentikan pengisian saat baterai mencapai kapasitas penuh.

2. Pemantauan suhu : Hindari pemanasan berlebih dengan tidak memarkir kendaraan di bawah sinar matahari langsung terlalu lama. Jangan biarkan baterai terlalu panas; perhatikan suhu baterai selama penggunaan.

3. Pencegahan deep discharge : Hindari mengosongkan baterai hingga level yang sangat rendah secara berkala. Gunakan kendaraan secara teratur untuk mencegah baterai tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

4. Pemantauan gejala tidak normal : Perhatikan perubahan suhu atau bau yang tidak biasa dari baterai. Hentikan penggunaan jika ada gejala tidak normal dan dapatkan bantuan ahli.

5. Pemeliharaan rutin : Lakukan pemeliharaan rutin sesuai panduan produsen. Periksa kabel dan konektor secara berkala untuk memastikan tidak ada korsleting atau kerusakan.

6. Penyimpanan : Jika kendaraan tidak digunakan, simpan baterai dalam keadaan terisi sekitar 50 persen. Pilih tempat penyimpanan yang memiliki suhu stabil.

Baca juga: Honda Suntik Investasi 3 Juta Dollar AS buat Sepeda Motor Listrik

7. Perhatikan indikator keamanan : Baterai dengan Sistem Manajemen Baterai (BMS) memberikan indikator keamanan. Tanggapi dengan cepat jika ada peringatan atau indikasi masalah.

United E-Motor dilengkapi portabel chargerUnited E-Motor United E-Motor dilengkapi portabel charger

8. Penanganan darurat : Siapkan peralatan pemadam api yang sesuai. Kenali prosedur darurat yang terkait dengan baterai dan kendaraan listrik.

"Keamanan dan perawatan yang baik adalah kunci untuk memaksimalkan umur pakai baterai dan memastikan penggunaan kendaraan listrik yang aman," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com