Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Fitur Unggulan Hyundai Stargazer X buat Berkendara Harian

Kompas.com - 29/11/2023, 15:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Stargazer X hadir dengan desain eksterior yang eksentrik, tapi cukup menarik. Interiornya juga bernuansa modern dan elegan.

Urusan fitur, Hyundai cukup royal menyematkan banyak fitur dan teknologi canggih pada crossover andalannya tersebut. Fiturnya tidak kalah bersaing dengan para kompetitor di kelasnya.

Baca juga: Mengulas Interior Hyundai Stargazer X dengan Captain Seat

Beberapa fitur yang disematkan Hyundai pada Stargazer X juga membantu saat berkendara, baik untuk kenyamanan, keamanan, hingga kepraktisan.

Test drive Hyundai Stargazer XKompas.com/Adityo Test drive Hyundai Stargazer X

Pada jok pengemudi, sudah disematkan pengaturan secara elektrik. Meskipun, belum ada memory seat, tapi ini cukup memudahkan penggunanya.

Kemudian, pada setirnya juga terdapat tombol multifungsi untuk mengendalikan sistem audio dan fitur lain pada mobil.

Stargazer X juga sudah dibekali dengan teknologi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang disebut dengan Hyundai SmartSense. Teknologi ini meliputi banyak fitur keamanan aktif yang dapat menunjang kenyamanan berkendara.

Baca juga: Bahas Tampang Futuristik Hyundai Stargazer X

Hyundai SmartSense meliputi fitur cruise control, high beam assist (HBA), forward collision avoidance assist (FCA), driver attention warning (DAW), lane keeping assist (LKA), lane following assist (LFA), dan blind-spot collision-avoidance assist (BCA), rear cross traffic collision avoidance assist (RCCA), dan safe exit warning (SEW).

Hyundai Stargazer XKompas.com/Donny Hyundai Stargazer X

Bahkan, Hyundai juga ikut menyematkan fitur forward and reverse parking distance warning, electronic stability control, auto hold, hill start assist control, dan lainnya.

Dengan kelebihan sebanyak itu, Stargazer X juga memiliki beberapa kekurangan. Mobil ini hanya dilengkapi dengan kamera mundur, belum ada kamera 360.

Padahal, fitur tersebut cukup penting juga saat berkendara di tempat yang sempit atau saat hendak parkir.

Hyundai Stargazer XKompas.com/Donny Hyundai Stargazer X

Selain itu, fitur cruise control yang dimiliki Stargazer X belum memiliki kemampuan adaptif. Jadi, fitur ini lebih maksimal jika dipakai berkendara di jalan tol saat ke luar kota. Saat berkendara di dalam kota, akan lebih nyaman jika menggunakan adaptive cruise control.

Stargazer X saat ini dibanderol mulai Rp 325,6 juta (OTR Jakarta) untuk tipe Style dan Rp 336,2 juta (OTR Jakarta) untuk tipe Prime.

Hyundai Stargazer XKompas.com/Donny Hyundai Stargazer X

Khusus tipe Prime, pemilihan captain seat harus menambah Rp 1 juta. Selain itu, untuk warna two-tone harus menambah Rp 1,5 juta dan warna dof sebesar menambah Rp 3,5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com