Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yadea Kemper, Motor Listrik Sporty dengan Torsi 570 Nm

Kompas.com - 28/11/2023, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yadea memperkenalkan motor listrik flagship, diberi nama Kemper. Modelnya sporty ala naked bike, paling mengesankan adalah torsi mencapai 570 Nm.

Dikutip dari Rideapart, bukan cuma dinamonya saja yang punya performa tinggi, tapi juga teknologi pada baterainya. Berdasarkan klaim, Kemper bisa dicas selama 10 menit saja dan baterai sudah 80 persen, sampai penuh cuma 18 menit.

Tentu kecepatan mengecas itu butuh teknologi yang sangat canggih. Kalau dicas dirumah ke colokan biasa pun tentu waktu pengecasannya akan lebih lama.

Baca juga: Kredit Motor Listrik Yadea T9, Cicilan mulai Rp 300.000-an per Bulan


Spesifikasi baterainya 320V 20Ah, pakai model lithium-iron-phosphate. Pengecasan yang sangat cepat itu tentu didukung dengan sumber DC fast charging.

Sekarang soal dinamonya, tenaga yang dihasilkan sekitar 54 TK dan torsinya super besar 570 Nm. Banyak motor konvensional yang tenaganya sama, tapi kalau torsi yang sampai tiga digit sepertinya baru ditemukan di superbike.

Performa di dunia nyata, klaim Yadea Kemper bisa akselerasi dari 0-100 Kpj cuma 4,9 detik. Lalu kecepatan puncaknya ada di angka 160 Kpj, terhitung cepat buat motor listrik.

Baca juga: Mulai Pagi Ini 25 Jalan di Jakarta Terapkan Aturan Ganjil Genap


Mendukung performa tinggi, komponen yang dipasang ke Kemper juga tidak bisa sembarangan. Suspensi depan dan belakang sudah pakai merek KYB, pengereman pakai Bosch ABS, kalipernya bahkan Brembo.

Fitur lainnya seperti kontrol traksi, instrumen penuh warna yang berukuran tujuh inci dan bisa terhubung ke telepon pintar. Uniknya lagi, Yadea pasang dashcam di Kemper, buat merekam perjalanan.

Sayangnya Yadea belum mengumumkan berapa harga dari motor listrik performa tinggi ini. Dugaannya, Kemper baru dipasarkan di pasar China, baru tersebar ke seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com