Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Sebut Mobil Listrik Bekas Sangat Mudah Dijual

Kompas.com - 28/11/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Mobil listrik jadi salah satu jenis kendaraan yang sedang populer di bursa mobil bekas. Pedagang menyebut, permintaannya cukup tinggi dan peminatnya terbilang banyak.

Oleh karenanya, apabila tersedia stok mobil listrik bekas di bursa, penjualannya pasti sangat cepat dan tidak membutuhkan waktu lama.

Lambertus Darian, Pemilik Diler Mobil Bekas Lamberindo Auto Gading Serpong, mengaku cukup sering menjual mobil bekas, namun jumlahnya tidak terlalu banyak.

“Sekalinya ada, pasti langsung kejual. Masuk (stok mobil listrik bekas) lagi, keluar lagi,” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com di Tangerang, belum lama ini.

Baca juga: Honda Tambah Fasilitas Bodi dan Cat di Jakarta Timur

Wuling Air ev dapat penghargaan pendatang baru terbaik dari Otomotif Award 2023Dok. Wuling Wuling Air ev dapat penghargaan pendatang baru terbaik dari Otomotif Award 2023

Darian mengatakan, beberapa konsumen bahkan rela mengantri dan membayar biaya inden alias pre-order, untuk mengamankan stok mobil listrik bekas yang akan datang.

“Saya tolak karena saya enggak terima inden. Pokoknya kalau ada stok, saya sebarkan. Terus siapa cepat aja,” ucapnya.

Penjelasan serupa disampaikan oleh Fathur Robbani, Penanggung Jawab Diler Mobil Bekas Aldebaraan Mobilindo BSD. Menurutnya, konsumen pengincar mobil listrik bekas punya satu kesamaan, yakni bukan pengguna pertama.

Konsumen-konsumen yang mengincar mobil listrik bekas, umumnya sudah memiliki setidaknya 1 mobil pribadi di rumah. Tujuannya mencari bukan untuk dijadikan kendaraan utama, tapi sampingan.

Baca juga: Waspada, Ada Pemasangan DMS di Tol Dalam Kota dan Jakarta-Tangerang

Hyundai Kona EV 2021KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hyundai Kona EV 2021

“Seringnya memang begitu, sudah punya mobil 1 atau 2 di rumah. Mobil listrik cuma buat transport jarak dekat saja,” ucap dia.

Fathur sendiri mengaku cukup optimistis dengan potensi pasar mobil listrik bekas dlam waktu dekat. Walaupun terbilang baru, jumlah konsumennya cukup menjanjikan, dan punya peluang di bursa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com