Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguji Performa Crossover Listrik MG4 EV

Kompas.com - 20/11/2023, 18:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Morris Garages (MG) MG4 EV memiliki fitur yang tak kalah dibanding mobil listrik lain sekelasnya. Kenyamanan yang ditawarkan saat berkendara juga sangat baik. Lalu, bagaimana dengan performa dan efisiensi dayanya?

MG4 EV tipe Magnify i-Smart dibekali dengan motor listrik berdaya 170 kW atau tenaganya setara dengan 228 tk. Torsinya juga cukup besar, yakni 250 Nm. Sementara bobotnya, tercatat mencapai 1.655 kg.

Baca juga: Mengulik Fitur Unggulan Mobil Listrik MG4 EV

Tenaga dan torsinya cukup besar dan diklaim dapat membuat MG4 EV mencapai 100 kilometer per jam dari kondisi diam hanya dalam waktu 7,7 detik.

Mobil listrik MG4 EVKompas.com/Adityo Mobil listrik MG4 EV

Untuk itu, MG juga melengkapinya dengan Traction Control System (TCS). Sehingga, mobil tidak lepas kendali ketika pedal gas diinjak sepenuhnya.

Untuk dipakai harian, performa yang ditawarkan crossover listrik ini sudah lebih dari cukup. Untuk menyalip kendaraan di depan, tidak ada lagi keraguan.

Baca juga: Bawa MG4 EV buat Dipakai Harian, Ini Ulasannya

Saat menyalip dalam kecepatan tinggi, mobil terasa menurut, tidak ada gejala limbung yang dirasakan. MG sendiri mengeklaim bahwa distribusi bobot pada MG4 EV sangat merata pada bagian depan dan belakang alias 50:50.

Mobil listrik MG4 EVKompas.com/Adityo Mobil listrik MG4 EV

Apalagi, pada MG4 EV juga sudah disematkan mode Sport yang memberikan performa lebih tinggi lagi. Dengan mode ini, tarikan mobil menjadi terasa sangat ringan.

Namun, mode Sport tidak disarankan untuk terus digunakan apabila mobil digunakan untuk berkendara harian. Sebab, penggunaan mode ini cukup menyedot daya pada baterai.

Mobil listrik MG4 EVKompas.com/Adityo Mobil listrik MG4 EV

Meski tenaga dan akselerasinya cukup tinggi, tapi diimbangi juga dengan sistem pengereman yang mumpuni. Pada rem depan dan belakang, mobil listrik ini sudah mengandalkan cakram.

Selain itu, MG juga menyematkan fitur keselamatan yang canggih untuk mendukung pengeremannya, seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Assist (EBA), dan Electronic Brake-force Distribution (EBD).

Test drive mobil listrik MG4 EVKompas.com/Donny Test drive mobil listrik MG4 EV

Selain tipe Magnify i-Smart yang dijual dengan harga Rp 699,9 juta (OTR Jakarta), MG4 EV juga hadir dengan tipe Ignite yang dibanderol Rp 649,9 juta (OTR Jakarta). MG4 EV saat ini hadir dalam lima pilihan warna, yakni Brighton Blue, Arctic White, Black Knight, Metal Ash Grey, Scarlet Red, dan yang terbaru Volcano Orange.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com