Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Bus Baru PO Agra Mas, Pakai Sasis Volvo

Kompas.com - 17/11/2023, 06:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) Agra Mas segera merilis bus baru model double decker atau bus tingkat.

Berdasarkan unggahan dari staf operasional PO Agra Mas Gibson Wiryo S, melalui Instagram @gibsonwiryos, ada bocoran bila calon bus baru akan ditopang oleh sasis Volvo B 11 R 450 HP Euro 5. Artinya, PO berjuluk semut merah tersebut menjadi yang pertama kali menggunakan sasis dari Volvo.

Sasis tronton ini menggunakan cairan AdBlue atau urea untuk mengurangi emisi gas buang.  Asap yang keluar dari ruang mesin disemprotkan dengan AdBlue sehingga kadar Nox turun dan di klaim lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Mitsubishi XForce Kejar Target TKDN 80 Persen

Namun, belum diketahui berapa unit calon bus baru PO Agra Mas yang akan diliris, pihak PO masih merahasiakan hingga perilisan resmi.

Informasi lain yang bisa disimpulkan adalah, potensi bus baru ini nantinya akan digunakan sebagai layanan bus AKAP. Alasannya, pada bodi samping bus bertuliskan antar kota antar provinsi dengan huruf kapital.  Meskipun, belum diketahui untuk trayek mana. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ???s?? ????? s (@gibsonwiryos)

Baca juga: Tiptip, Platform Digital buat Bikin Acara Komunitas Otomotif

Adapun bodi yang digunakan oleh unit ini adalah Jetbus 5 buatan Karoseri Adiputro.  Secara keseluruhan, tampilan eksterior bus kini sedikit berbeda unit double decker sebelum lantaran ada beberapa pembaharuan, terutama desain livery.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com