Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi ECGO 3, Motor Listrik Harga Rp 7,9 Juta

Kompas.com - 14/11/2023, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - ECGO resmi meluncurkan model ECGO 3 yang sudah dapat subsidi dari pemerintah. Sekarang, skuter listrik tersebut bisa ditebus dengan harga Rp 7,9 juta off the road.

Sebelumnya, ECGO 3 punya banderol Rp 17,9 juta untuk model yang tanpa baterai atau menggunakan sistem sewa. Sedangkan yang kena subsidi, nantinya harga sudah termasuk sewa baterai selama enam bulan atau 10.000 Km.

Soal spesifikasi, ECGO 3 diklaim punya tiga keunggulan. Pertama, baterai sudah lithium, diklaim punya masa pakai yang awet, lalu kecepatan puncak 75 Kpj, dan terakhir jarak tempuh  80 Km untuk satu baterai.

Baca juga: ECGO 3 Kasih Program Buat Ojol, Sewa Hak Milik Rp 25.000 per Hari

ECGO 3KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI ECGO 3

Kapasitas baterai yang digunakan adalah 64V 27Ah atau sekitar 1.728 kWh. Klaim jarak  80 Km harus memenuhi syarat jika jalan konstan 30 Kpj, beban pengendara 70 Kg dan permukaan rata.

Baterai tersebut terhubung ke dinamo 2 kW yang posisinya ada di roda belakang atau hub drive. Ukurannya 12 inci, sama dengan pelek depan, jadi dimensinya makin mirip dengan skutik konvensional.

Soal lama pengecasan, dengan charger biasa memakan waktu lima jam sampai enam jam. Sedangkan kalau pakai pengisi daya cepat atau fast charger bisa dua setengah jam sampai tiga jam.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Penggerak Depan Tak Kuat Nanjak

Secara tampilan, ECGO 3 tampil seperti skutik konvesional. Pada bagian penerangan menggunakan lampu DRL LED di depan, tapi sayang lampu utamanya masih bohlam.

Tapi dari standar, ECGO 3 ini dipasang beberapa stiker, seperti tulisan ECGO Sports di bagian bawah dek dan ECGO Bike di bodi samping. Sedangkan di bagian belakang, desain lampu belakangnya simpel dengan mika smoked dan sudah LED.

Fitur lainnya adalah ECGO 3 dilengkapi dengan sistem cruise control. Unik sekali motor yang harganya tidak sampai Rp 10 juta punya kelengkapan layaknya motor listrik di atas Rp 20 juta.

Selain itu, ECGO 3 sudah disematkan GPS untuk melacak baterai dan motor. Lalu ada juga BMS yang mendeteksi suhu baterai untuk menghindari terjadinya ledakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com