Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembeli Mobil Listrik Murah Umumnya Sudah Punya Kendaraan Pribadi

Kompas.com - 11/11/2023, 18:39 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Mobil-mobil listrik murah dengan banderol terjangkau semakin mudah dijumpai di pasaran, dan sudah bisa dibeli oleh konsumen.

Salah satu penyedia mobil listrik murah adalah Kurnia Motors EVCBU, yang mematok banderol mulai dari Rp 99 juta untuk OTR Jakarta.

Pihak Kurnia mengklaim, walaupun demografi dan lokasi konsumennya cukup beragam, semuanya memiliki satu kesamaan mendasar, yakni bukan first car buyer, alias pembeli pertama.

Rivaldi Ardiansyah, General Manager Kurnia Motors menjelaskan, hampir semua konsumennya membeli mobil listrik bukan untuk penggunaan intens harian, melainkan untuk pelengkap.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP Usai Sprint Race Malaysia, Bagnaia Masih Memimpin

Serah terima mobil listrik murah dari Kurnia Motors EVCBUKompas.com/Daafa Alhaqqy Serah terima mobil listrik murah dari Kurnia Motors EVCBU

“Hampir semuanya (konsumen) memang sudah punya kendaraan pribadi, mobil yang dibeli bukan mobil pertama,” ujarnya kepada Kompas.com di Tangerang, Sabtu (11/10/2023).

Situasi ini dinilai cukup baik jika melihat dari segi penambahan jumlah pengguna, yang sudah mulai mempertimbangkan memakai kendaraan listrik.

Salah satu konsumen yang membeli mobil listrik murah Kurnia Motors adalah Nano Prakasa, Pekerja asal Depok yang sudah memiliki mobil pribadi.

“Saya sudah punya Wuling Air EV, beli ini (kurnia motors) buat dipakai sama anak atau Istri saya, biar kemana-mana gampang,” ucapnya.

Baca juga: Ada Penyelenggaraan Piala Dunia U-17, Lalu Lintas di Sekitar JIS Direkayasa

Serah terima mobil listrik murah dari Kurnia Motors EVCBUKompas.com/Daafa Alhaqqy Serah terima mobil listrik murah dari Kurnia Motors EVCBU

Menurutnya, mobil listrik memiliki keunggulan menarik jika ditinjau dari segi efisiensi pemakaian, karena tidak perlu memusingkan soal pengeluaran bensin bulanan.

“Enggak perlu keluar uang buat bensin, ini bisa motong uang bensin mingguan,” kata dia.

Penjelasan senada juga disampaikan oleh Muhammad Miftah, yang membeli mobil listrik karena sangat mempertimbangkan pengeluaran bensin.

“Terasa sekali iritnya kalau pakai mobil listrik, dibandingkan mobil bensin. Lebih enak, biaya listrik juga enggak terasa naik,” ucap dia.

Baca juga: Produsen Ini Serahkan Mobil Listrik Murah ke Konsumen

Mobil listrik murah Kurnia Motors KX-Upgrade, tampilan mirip Ford Bronco dengan banderol Rp 121 jutaKompas.com/Daafa Alhaqqy Mobil listrik murah Kurnia Motors KX-Upgrade, tampilan mirip Ford Bronco dengan banderol Rp 121 juta

Menurut Miftah, dengan adanya mobil listrik sebagai salah satu kendaraan di rumahnya, dia tidak akan terlalu khawatir untuk keperluan transportasi jarak pendek.

“Bisa dipakai buat antar jemout anak ke sekolah, jadi Istri juga enggak kesulitan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com