Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MV Agusta LXP Orioli Rilis, Motor Petualang Mewah yang Dijual Terbatas

Kompas.com - 10/11/2023, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - MV Agusta di Eicma 2023 merilis motor adventure yang sepenuhnya baru, yakni LXP Orioli. Motor ini adalah interpretasi MV Agusta buat motor gaya adventure-tourer, petualang jarak jauh.

Dikutip dari Rideapart, MV Agusta LXP Orioli cuma dijual 500 unit untuk produksi yang pertama. Motornya sampai ke konsumen yang beruntung di kuarter pertama 2024

MV Agusta bilang kalau LXP Orioli merupakan motor petualang yang mewah. Selain bisa dibawa ke mana saja, fitur yang disematkan bakal melimpah.

 Baca juga: MV Agusta Superveloce 800 98 Edizione Limitata, Cuma 300 Unit

MV Agusta LXP Orioli meluncur di Eicma Rideapart MV Agusta LXP Orioli meluncur di Eicma

Nama Orioli mengambil dari nama Edi Orioli, legenda balap motor reli asal Semua unit yang rilis bakal ditandatangani oleh Orioli.

Cuma tersedia satu warna buat LXP Orioli, kombinasi hijau, merah, dan putih. Mengingat jumlahnya terbatas, pakai warna yang khas, LXP Orioli cocok buat motor koleksi tapi kalau mau dipakai bertualang juga mumpuni, MV Agusta jamin motornya bakal nyaman dan performa mumpuni.

Mesinnya total baru, 931cc tiga silinder segaris yang menghasilkan 124 TK dan torsi 102 Nm. MV Agusta klaim 85 persen torsinya dapat diraih di putaran 3.000 RPM. Bukan cuma performa, MV Agusta juga mempersiapkan komponen mesinnya agar tahan disiksa saat bertualang. 

 Baca juga: Bagnaia Sebut Tak Adil kalau Jorge Martin Geser Bastianini

Soal desain, LXP Orioli tampil layaknya motor petualang yang garang. Lampu depannya sudah LED dengan model yang gahar, dengan model kembar, ditambah visor yang tinggi khas motor petualang.

Makin mewah lagi, suspensi pakai merek Sachs yang bisa disetel rebound, kompresi, dan preload. Tinggi motor ke tanah sekitar 230mm dengan pelek depan 21 inci dan belakang 18 inci, dibalut ban Bridgestone Battlax A41.

Pada sektor pengereman mengandalkan kaliper Brembo Stylema dengan cakram ganda di depan berukuran 320mm. Sedangkan di belakang sistem pengeremannya pakai kaliper dua piston yang menjepit cakram 265mm.

 

Fitur mewah lain yang disematkan ke LXP Orioli seperti sensor inersial enam arah yang terhubung dengan ABS. Suplai gas juga dibantu sistem ride-by-wire, sehingga ada mode berkendara seperti Urban, Touring, Offroad, dan Custom.

Bahkan setelan traksi bisa dimatikan dan ada lima setelan. Begitu juga buat engine brake, bisa diatur kekuatannya, menyesuaikan dengan kebutuhan dan cruise control sudah jadi standar di LXP Orioli.

MV Agusta sudah mendesain visor agar menciptakan aerodimaika yang baik. Jadi makin nyaman kalau harus dibawa di kecepatan tinggi saat sedang bertualang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com