Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segini Biaya Ganti Baterai Mobil Listrik BMW

Kompas.com - 02/11/2023, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW menjadi salah satu pabrikan otomotif yang sudah memiliki lini produk kendaraan listrik.

Tercatat sudah ada tiga mobil listrik murni yang dijual di Tanah Air, mulai dari i4, iX dan i7. Banderolnya yang ditawarkan pun cukup mahal, untuk i4 dijual Rp 2,1 miliar, sementara iX Rp 2,4 miliar dan i7 Rp 3,2 miliar.

Melihat harga kendaraan yang cukup fantastis, muncul pertanyaan berapa harga baterai mobil listrik dari kendaraan premium asal Jerman ini.

Baca juga: Resmi Berbayar, Ini Tarif Bus Trans Jatim Koridor III

Director of Sales BMW Group Indonesia, Ariefin Makaminan, mengatakan, pada dasarnya setiap konsumen BMW akan mendapat garansi baterai mobil listrik 8 tahun atau 160.000 Km.

Namun, jika ada indikasi baterai mobil listrik mengalami kerusakan, tidak serta merta harus diganti baru. Tetapi harus melakukan pengecekan terlebih dahulu lewat beberapa tahap.

“Kembali lagi tergantung teknologi yang dipakai, kalau kami (BMW) hanya ganti per modul. Ada 10 modul dalam baterai kita, kalau satu yang rusak, hanya satu yang diganti. Otomatis biayanya jadi rendah,” ucap Ariefin, saat ditemui di Jakarta Pusat, Rabu (1/11/2023).

BMW iX5 HydrogenDok. Autocar.co.uk BMW iX5 Hydrogen

“Karena kami punya teknologi, kami juga punya teknisi yang benar-benar terlatih. Dengan diagnosa kita bisa tahu yang mana yang rusak, bahkan sampai posisi (modul) yang rusak, nomor sekian. Jadi cuma itu saja yang diganti,” lanjutnya.

Adapun untuk harga penggantian modul baterai mobil listrik BMW sekitar Rp 20 juta. Biaya tersebut bisa dibilang cukup terjangkau bila melihat harga mobil BMW yang dibanderol lebih dari Rp 2 miliar.

Artinya, konsumen BMW hanya perlu mengeluarkan sekitar 1 persen dari harga jual kendaraan untuk biaya penggantian modul baterai mobil listrik kalau mengalami kerusakan.

Baca juga: Muncul Penyakit Baru Aprilia RS-GP, Panas Mesin Bikin Nyaris Pingsan

“Mungkin banyak masyarakat yang bilang harga baterai itu sama dengan harga mobilnya, atau bisa lebih mahal, atau setengah harga mobilnya. Seperti contoh dari merek lain, dia punya baterai harganya Rp 300 juta, sedangkan harga mobilnya Rp 600 juta, Rp 700 juta. Tentu mahal, karena 50 persen biayanya di baterai,” kata Ariefin.

“Kalau baterai modul BMW dikali 10, kelihatan Rp 200 juta. Harga mobil kita Rp 2 miliar. Berarti berapa? 10 persen. Kembali lagi, itu relatif,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com