Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Penyakit Baru Aprilia RS-GP, Panas Mesin Bikin Nyaris Pingsan

Kompas.com - 02/11/2023, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aleix Espargaro mengaku mengalami kesulitan saat balapan pada MotoGP Thailand 2023 di Sirkuit Buriram, Thailand. Penyebabnya karena panas yang dihasilkan dari motornya.

Aleix mengatakan, dirinya mendadak tidak bisa bernapas di tengah balapan. Menurutnya, itu balapan terberat sepanjang karirnya menjadi pebalap.

Baca juga: Balik Lagi ke Indonesia, Aleix Espargaro Berminat Tinggal di Bali

"Pada tiga lap terakhir, saya bahkan panik karena saya mencoba bernapas, tapi tidak bisa. Ketika saya datang ke pit, saya pikir saya akan mati," ujar Aleix, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (2/11/2023).

Aleix Espargaro di MotoGP Inggris 2023TWITTER/A;EIXESPARGARO Aleix Espargaro di MotoGP Inggris 2023

"Saya benar-benar tidak bisa bernapas. Itu benar-benar balapan yang tangguh dan sangat sulit untuk bisa tetap fokus," kata Aleix.

Aleix menambahkan, panas dari mesin mengalir ke bagian tengah, ke area tangki bahan bakar, dan langsung ke paru-paru. Sehingga, dirinya tidak bisa bernapas.

Baca juga: Sambil Bonceng 4, Aleix Espargaro Pamer Skutik Aprilia SR-GT Replica

"Maverick (Vinales) menyerah dengan balapan dan kembali ke pit. Raul (Fernandez) mengatakan dia kehabisan napas di tengah balapan, sehingga harus melambat dan kehilangan sepuluh detik," ujarnya.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023Dok. @aleixespargaro Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023

Masalah ini adalah sudah diketahui pada RS-GP dalam balapan dengan kondisi cuaca yang panas, yang tampaknya tidak dapat dikendalikan oleh para teknisi Aprilia di Noale.

"Ini telah terjadi tahun demi tahun selama empat musim terakhir di trek yang sama. Tapi, hari ini benar-benar berada di ambang batas," ujar Aleix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com