Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Rilis XSR900 GP, Tampilan Jadul Pakai Mesin Baru

Kompas.com - 26/10/2023, 08:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha meluncurkan XSR900 GP, usahanya buat menghadirkan motor modern rasa nostalgia balapan di 1980-an.

Bisa dibilang, XSR900 GP tampilannya sangat retro, tapi dibalik itu ada motor modern yang canggih dengan segala fiturnya. Tentu yang bikin makin ikonik adalah skema warnanya yang merah putih, khas Marlboro.

Dikutip dari Visordown, skema warna merah dan putih ini di Yamaha sudah melekat, tepatnya oleh pebalap Wayne Rainey yang menang kelas 500cc di 1990,1991, dan 1992, saat itu pakai YZR500 kelir Marlboro.

Baca juga: Yamaha Rilis Tenere 700 Extreme, Lebih Garang buat Libas Rintangan

Yamaha XSR900 GP, motor modern Yamaha yang bergaya ala motor balap 1980-anVISORDOWN.com Yamaha XSR900 GP, motor modern Yamaha yang bergaya ala motor balap 1980-an

Selain itu ada juga Eddie Lawson yang memenangkan titel 500cc di tahun 1984, 1986, dan 1988 dengan motor Yamaha kelir merah putih. Makanya, skema warna ini dipilih, memberikan kenangan, nostalgia.

Intinya, warna merah dan putih ini juga bersejarah buat Yamaha, cuma di XSR900 GP ini tentunya tidak memakai logo pabrik rokok tersebut. Banyak inspirasi diambil dari motor balap 1980-an yang dibawa ke XSR900 GP.

Misal di bagian depan, fairing-nya cenderung mengotak, bahkan sampai ke lampu depannya. Kemudian biar makin terasa nostalgia, bodi dan rangkanya dihubungkan pakai struktur pipa, seperti motor-motor jadul.

Baca juga: Muncul Rendering Toyota Fortuner Generasi Baru


Fitur lainnya adalah seperti setang model clip-on, quickshifter, posisi berkendara yang lebih nunduk, dan adanya setelan di sasis dengan aluminium steering stem shaft. Pelek Spinforged, serta ban dari Bridgestone Battlax dan suspensi KYB yang bisa disetel.

Kemudian, disematkan juga fitur Yamaha Ride Control yang bisa menyetel karakter dari motornya, dari tenaga mesin sampai intervensi sistem elektronik. Tersedia mode Sport, Street, dan Rain.

Mode berkendara tadi bisa diakses lewat layar instrumen TFT dan tersedia dua mode kosong yang bisa menyesuaikan dengan keinginan pengendara.

Untuk harga, belum tersedia sampai sekarang. Cuma nantinya akan ada dua pilihan warna, pertama yang merah putih atau 'Legend Red" dan saatu lagi Power Grey.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com