Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Mobil, Ini Produk Pertama Daihatsu

Kompas.com - 26/10/2023, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Daihatsu merupakan salah satu produsen otomotif yang dikenal dengan produk kendaraan roda empat. Namun, kendaraan pertama bikinan Daihatsu ternyata bukan mobil, melainkan motor roda tiga.

Daihatsu didirikan pada tahun 1907 dengan nama Hatsudoki Seizo Co., Ltd. untuk memproduksi mesin domestik dengan pembakaran internal sebagai bentuk kerjasama antara dunia industri dengan akademisi.

Pada tahun 1931, Daihatsu baru memulai melakukan bisnis produksi kendaraan pertamanya dengan meluncurkan kendaraan berjenis roda tiga berkapasitas 498 cc.

Baca juga: Taksi Terbang EHang Lolos Standardisasi Uji Tipe, Bakal Mengudara di Indonesia?

“Kendaraan roda tiga Daihatsu ini (meluncur) di tahun 1931, setelah kemunculannya nama Daihatsu dipakai dan ini menjadi dasar dari produk-produk Daihatsu berikutnya,” ucap Takao Kunita, Chief Coordinator, Marketing, Sales & Promotion Dept ECC Group, di Tokyo Big Sight, Rabu (25/10/2023).

History kendaraan Daihatsu di Japan Mobility Show 2023Kompas.com/Nanda History kendaraan Daihatsu di Japan Mobility Show 2023

Kemudian pada tahun 1977 Daihatsu baru meluncurkan kendaraan berpenumpang roda empat pertamanya yakni Daihatsu Charade, dan menyusul Daihatsu Mira sebagai kendaraan penumpang mini yang diluncurkan pada 1980.

Baca juga: Pisah dari NIU, Gova Resmi Jadi Merek Motor Listrik Independen

Saat ini, pasar Daihatsu di Jepang berfokus untuk menyediakan mobil kecil (kei car) yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Sementatra untuk pasar Indonesia, Daihatsu menyasar konsumen first car buyer, dengan menawarkan harga kendaraan yang terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com