Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Rilis Tenere 700 Extreme, Lebih Garang buat Libas Rintangan

Kompas.com - 23/10/2023, 08:31 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar motor petualang atau adventure memang sedang naik daun. Salah satu produk yang menarik di segmen ini adalah Yamaha Tenere dengan mesin 689cc dua silinder segaris.

Yamaha sudah punya beberapa varian Tenere 700, tapi sekarang baru rilis pilihan yang lebih ekstrem. Yamaha menyebutnya Tenere 700 Extreme, dapat peningkatan di berbagai sisi yang membantu untuk offroad.

Dikutip dari Rushlane, Tenere 700 Extreme cocok buat pengendara yang memang senang bertualang. Peningkatan pertama ada di bagian suspensi depan, memakai upside-down 43mm dengan bagian dalamnya pakai Kashima coating, diklaim tahan gesekan, jadi lebih awet.

Baca juga: Yamaha Luncurkan Tenere 700 World Raid, Bisa Tempuh Nyaris 500 Km

Yamaha Tenere 700 ExtremeRUSHLANE Yamaha Tenere 700 Extreme

Kemudian, suspensi tadi mendapatkan ekstra 20mm travel, jadi lebih percaya diri kalau harus lompat-lompat. Ground Clearance juga naik, jadi 260mm, makin aman melibas jalanan rusak.

Fitur lain yang membantu rider seperti suspensi yang bisa disetel, dudukan kaki lebih besar, dan lain-lain. Pada akhirnya, pengendara jadi lebih merasa aman kalau motornya dibawa bertualang.

Soal mesin, masih memakai 689cc dua silinder segaris, menghasilkan 73 TK di 9.000 RPM dan torsi 68 Nm di 6.500 RPM. Klaim Yamaha, Tenere 700 Extrem bisa mencatatkan konsumsi BBM 24 Km per liter.

Baca juga: Daftar Harga Suzuki Ertiga Bekas, mulai Rp 100 Jutaan


Untuk kapasitas tangki, ada di 16 liter, jadi kalau diisi penuh, bisa berjalan sejauh 380 Km dari tangki penuh.

Secara tampilan, tidak banyak berubah dengan Tenere standar. Masih ada layar instrumen 5 inci bergaya reli, lampu depan LED, dan tampilan ala motor petualang yang tangguh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com