Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Podium di MotoGP Australia Jadi Kemenangan Perdana Zarco di Kelas Utama

Kompas.com - 21/10/2023, 13:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Pramac Racing Johann Zarco berhasil meraih podium pertama di MotoGP Australia yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (21/10/2023).

Torehan ini sekaligus menjadi kemenangan pertamanya di kelas MotoGP.

Zarco sukses memuncaki GP Australia setelah terlibat persaingan panas dengan rekan setimnya Jorge Martin, Fabio Di Giannantonio dan Francesco Bagnaia.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP Australia 2023: Poin Martin Makin Tertinggal Pecco

Rider asal Perancis itu berhasil mendahului Martin di tikungan keempat pada lap terakhir, disusul dengan Bagnaia yang juga membuntutinya. Martin yang memimpin balapan saat itu akhirnya langsung terdorong ke posisi kelima.

Sebagai informasi, sebelum naik ke kelas premier, Zarco menjadi pebalap Moto2 dalam kurun waktu 4 tahun, mulai dari tahun 2012 sampai 2016.

Johann Zarco melangkah ke MotoGP musim 2017 bersama Yamaha Tech3.MotoGP.com Johann Zarco melangkah ke MotoGP musim 2017 bersama Yamaha Tech3.

Dalam rentang waktu tersebut, Zarco berhasil mengumpulkan 30 podium dengan 15 kemenangan. Zarco juga berhasil memenangi gelar juara dunia pada tahun 2015 dan 2016.

Namun, sejak masuk ke kelas MotoGP pada 2017 Zarco belum pernah meraih kemenangan satu kali pun. Zarco bergabung dengan tim Yamaha MotoGP pada tahun 2017-2018, kemudian pindah ke tim balap Austria KTM untuk satu musim di tahun 2019.

Setelah berpisah dari KTM, Zarco memutuskan untuk balapan bersama Honda. Hingga akhirnya ia berlabuh di Ducati pada 2020 hingga 2023.

Baca juga: Tren Modifikasi Audio Mobil Listrik Mulai Menjamur

Selama perjalanannya di MotoGP, Zarco berhasil mengumpulkan 20 podium, tanpa satu kemenangan pun di kelas premier.

Namun, hari ini Zarco berhasil pecah telor di kelas premier. Hasil ini juga sekaligus menjadi kemenangan perdana Zarco di kelas MotoGP sejak Moto2 Valencia 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com