Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Perlu Transmisi Matik Overhaul Body Valve Rutin?

Kompas.com - 21/10/2023, 12:02 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Transmisi pada mobil matik wajib dirawat dengan baik agar performanya tetap prima. Seperti yang diketahui pada umumnya, perawatan transmisi matik cukup hanya dengan mengganti oli secara teratur.

Dengan melakukan penggantian oli secara teratur diharapkan kualitas oli selalu terjaga sehingga tidak akan menyebabkan gangguan pada perangkat transmisi seperti body control valve (BCV) dan kampas kopling.

Debris atau sisa kotoran yang ikut bersirkulasi bersama oli transmisi tentu akan membuat kampas kopling lebih mudah aus, meningkatkan gaya gesek antara gear, serta bearing sehingga oli akan menjadi cepat kotor.

Baca juga: Estimasi Biaya Perawatan Transmisi Matik mulai Rp 750.000

Tuas Transmisi Wuling New Almaz RSKOMPAS.com/Adityo Wisnu Tuas Transmisi Wuling New Almaz RS

Lantas, perlukan melakukan overhaul BCV secara teratur sebagaimana penggantian oli dilakukan setiap mobil menempuh jarak tertentu?

Budi, Mekanik Aha Motor Yogyakarta mengatakan pembongkaran BCV tidak perlu menunggu transmisi rusak dengan beberapa gejala yang terjadi.

“Seperti terjadi delay, ketika tuas matik sudah posisi D atau R tapi mobil tidak kunjung melaju, bisa juga perpindahan percepatannya nyentak atau terjadi perpindahan percepatan kasar tidak seperti biasanya, itu semua merupakan tanda ada masalah pada transmisi,” ucap Budi kepada Kompas.com, Jumat (20/10/2023).

Baca juga: Tanda Transmisi pada Mobil Matik Minta Perawatan

Tuas transmisi Daihatsu Ayla ada huruf BKOMPAS.com/STANLY RAVEL Tuas transmisi Daihatsu Ayla ada huruf B

Sebisa mungkin konsumen melakukan pembersihan BCV sebelum gejala tersebut timbul karena harapan dibersihkannya komponen ini, menurut Budi agar transmisi matik lebih awet.

Ada pun tanda-tanda bahwa BCV perlu dibersihkan adalah dari hasil pemeriksaan fisik seperti pada kondisi oli transmisi bekas dan dari pantuan riwayat servis, bukan berdasarkan mobl sudah menempuh jarak tertentu.

“Misal penggantian oli matik sempat telat, maka sebaiknya kami sarankan melakukan pembersihan BCV, begitu juga bila dilihat kualitas oli matiknya sudah sangat kotor, itu ada potensi dalamnya juga kotor,” ucap Budi.

Baca juga: Catat, Mayoritas Transmisi Mobil Matik Rusak karena Ini

Body control valve memiliki lubang-lubang kecil yang berpotensi mengalami penyumbatanTangkapan layar Body control valve memiliki lubang-lubang kecil yang berpotensi mengalami penyumbatan

Budi mengatakan tidak susah untuk memeriksa kondisi BCV, cukup dengan melepas panci oli pada transmisi maka unitnya akan terlihat.

“Saat panci dibongkar, akan terlihat juga seberapa tebal debris yang menempel pada magnet di dasar panci oli, jika sudah banyak kami sarankan untuk pembongkaran BCV meski belum ada gejala kerusakan pada transmisi,” ucap Budi.

Dengan dibongkarnya BCV sampai ke bagian-bagian kecilnya, menurut Budi saluran oli matik secara menyeluruh akan terjangkau sehingga ketika ada kotoran bisa mudah terangkat dan dibersihkan maksimal.

Baca juga: Ini Penyakit Bawaan Transmisi Matik Avanza-Xenia, Rush-Terios

“Pembersihan saluran ini biasanya menggunakan metode pembilasan atau flushing, hanya saja tingkat efektif jauh lebih baik overhaul BCV, karena yang dibongkar adalah inti dari masalah yang ada,” ucap Budi.

Namun, pembongkaran BCV tidak diperlukan jika memang pengguna memperhatikan dengan baik kualitas oli transmisi matik dengan menggantinya tiap 20.000 Km atau maksimal 40.000 Km.

Sementara itu, estimasi biaya overhaul BCV mulai Rp 750.000 sampai Rp 950.000, diharapkan transmisi matik menjadi jauh lebih awet karena aliran olinya lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com