Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Sistem AWD Mobil Subaru Banyak Diminati

Kompas.com - 20/10/2023, 19:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Subaru Indonesia belum lama ini merayakan 50 tahun perjalanan panjang teknologi All-Wheel Drive (AWD).

Sebagai informasi, sejak diperkenalkannya Subaru Leone 4WD Estate Van pada September 1972, Subaru telah memproduksi lebih dari 21 juta kendaraan AWD di seluruh dunia hingga hari ini.

Arie Christopher, Chief Executive Officer Subaru Indonesia mengungkapkan, 98 persen dari total penjualan mobil Subaru didominasi oleh AWD. Ini tak terlepas karena Subaru begitu konsisten dalam memproduksi kendaraan AWD selama lima dekade.

Baca juga: Perawatan Motor Tua Eropa dan AS Lebih Mudah dibandingkan Jepang

“Rasanya hanya Subaru merek otomotif di dunia yang konsisten mengembangkan AWD selama 50 tahun. Subaru juga menerapkan AWD hampir seluruh line up produknya. Jadi itu yang membuat Subaru spesial, selain warna dan boxer engine,” ucap Arie, saat ditemui di Senayan City, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Tak hanya itu, menurut Arie, sistem penggerak AWD Subaru tidak hanya digunakan untuk medan offroad saja. Namun, untuk pemakaian sehari-hari mobil ini juga terbilang nyaman, serta konsumsi bahan bakar yang dihasilkan cukup efisien.

Subaru XV diuji di jalan dengan kemiringan 45 derajat.Subaru Indonesia Subaru XV diuji di jalan dengan kemiringan 45 derajat.

“AWD itu sudah pasti traksi lebih bagus, lebih stabil, dan lebih aman. AWD ini bukan hanya untuk off-road, tapi untuk di kondisi jalan sehari-hari yang kita lalui. Untuk daily segala kondisi dan cuaca, lebih aman,” kata Arie.

“Kalau untuk konsumsi bahan bakar tergantung pengemudi, tapi seperti Crosstrek atau Forester (konsumsi BBM) bisa 1:4 atau 1:15,” lanjutnya.

Baca juga: Bastianini Cegah Jorge Martin Rebut Kursinya di Ducati

Untuk diketahui, fitur paling khas dari symmetrical AWD Subaru adalah drivetrain yang ditata secara simetris dipasangkan dengan mesin boxer dengan konfigurasi horizontal.

Kombinasi low center gravity yang secara natural hadir dari mesin boxer dan keseimbangan bobot superior dari drivetrain simetris disebut bisa memaksimalkan stabilitas dan traksi di semua lingkar roda, yang tawarkan performa berkendara yang luar biasa dalam berbagai cuaca dan kondisi jalan.

Saat ini hampir semua model Subaru yang dijual di Indonesia menggunakan teknologi AWD, mulai dari Forester, WRX, Crosstrek, dan Outback.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com