Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pegiat Custom Sebut Sertifikasi Bengkel Custom Masih Belum Jelas

Kompas.com - 20/10/2023, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Aturan mengenai modifikasi mobil dan sepeda motor custom resmi berlaku lewat Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 45 Tahun 2023 tentang Kustomisasi Kendaraan Bermotor.

Dalam aturan tersebut, salah satunya mengatur tentang bengkel modifikasi yang harus tersertifikasi yang tertuang dalam Pasal 43.

Pasal 43

"Modifikasi mobil dan motor dapat dilakukan oleh bengkel umum, lembaga/institusi, atau perusahaan industri karoseri, yang telah mendapatkan persetujuan dari Menteri melalui Direktur Jenderal sebagai bengkel kustomisasi."

Baca juga: Sensasi Motor Listrik Mazda CX-60 Saat Perjalanan Jauh

Chopper pada Kustomfest 2023Kompas.com/Erwin Setiawan Chopper pada Kustomfest 2023

Lulut Wahyudi, builder Retro Classic Cycles Yogyakarta, mengatakan, pasal-pasal tersebut masih abu-abu dan tidak menyebutkan bagaimana cara untuk mendapatkan sertifikasi tersebut.

"Sertifikasi bengkel custom itu juga ranahnya mesti jelas jangan sampapi masuk ranah abu-abu," kata Lulut kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Kalau sudah ada kejelasan bagaimana kita bisa mensertifikasi bengkel-bengkel kita akhirnya kan ranahnya kan masuk ranah antara, karena tidak ada aturan baku, ada aturan baku saja kita masih abu-abu," ujarnya.

Baca juga: Cara Pemilik Motor 2 Tak Menyiasati Mesin Supaya Lolos Uji Emisi

Mutt Motorcycles, pabrikan motor kustom asal Inggris resmi hadir di IndonesiaKOMPAS.com/daafa Mutt Motorcycles, pabrikan motor kustom asal Inggris resmi hadir di Indonesia

Pengagas Kustomfest, kontes modifikasi dan custom yang berlangsung di Yogyakarta itu menilai, aturan baru ini merupakan kemajuan buat dunia custom di Indonesia tapi tidak serta merta untuk perkembangan industri custom.

Namun Lulut tetap mengapresiasi, sebab tujuannya baik di mana memodifikasi kendaraan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang atau bengkel. Bengkel modifikasi harus tersertifikasi agar pertanggungjawaban terhadap karyanya jelas.

Baca juga: Ubahan Minimalis Generasi Baru Toyota Alphard Bergaya Racing

"Saya anggap ini terlalu pagi kalau dibilang untuk big applause tapi kalau kemajuan iya saya akui," ujar Lulut.

Untuk sertifikasi bengkel, terdapat pada Pasal 45

Mobil kustom flat deck Gagak Rimang jadi lucky draw Kustomfest 2023Kustomfest Mobil kustom flat deck Gagak Rimang jadi lucky draw Kustomfest 2023

Pasal 45

"Untuk mendapatkan persetujuan sebagai bengkel kustomisasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 43, pemohon wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a. memiliki teknisi dengan kompetensi pada kendaraan bermotor paling sedikit:

1. 1 (satu) orang teknisi perancangan kustomisasi,

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com