Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Siap Pensiun jika Tidak Kompetitif di Ducati

Kompas.com - 17/10/2023, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez memutuskan untuk pindah ke Gresini Racing karena motor Honda RC213V saat ini tidak kompetitif. Akan tetapi, jika dengan motor Ducati Desmosedici GP23 dia tidak mengalami perubahan, Marc mengaku akan pensiun.

Kabar tersebut dibocorkan oleh adiknya sendiri, yakni Alex Marquez. Adiknya ini yang juga akan menjadi rekan setimnya untuk musim depan.

Alex mengatakan, kakaknya kontrak dengan Gresini Racing hanya satu tahun. Sebab, ingin melihat perkembangan apakah dirinya masih menikmati balapan atau tidak.

Baca juga: Sah, Marc Marquez Resmi Jadi Pebalap Gresini Racing

"Dia benar-benar cerdas bagi saya. Dia mengatakan, 'Jika saya tidak menikmatinya, saya akan pensiun'. Seperti itu saja, ini adalah sebuah peluang," ujar Alex, dikutip dari Crash.net, Selasa (17/10/2023).

Alex Marquez dan Marc Marquez terpantau telah memulai tahun 2023 dengan latihan motor di Sirkuit Motorland Aragon (17/1/2023).Twitter @alexmarquez73 Alex Marquez dan Marc Marquez terpantau telah memulai tahun 2023 dengan latihan motor di Sirkuit Motorland Aragon (17/1/2023).

"Dia ingin melihat apakah dirinya masih bisa menikmatinya lagi. Apakah dia bisa kencang lagi setelah cederanya," kata Alex.

Alex mengatakan, dia tidak memiliki keraguan terhadap kakaknya. Tapi, justru Marc yang memiliki keraguan tersebut. Marc memiliki alasan mengapa dirinya bisa merasa ragu. Sebab, Alex juga merasakan hal yang sama saat berada di motor Honda tahun lalu.

"Saya yakin di Valencia dia akan menikmatinya lagi. Apa yang ada di kepalanya akan hilang dengan sangat cepat," ujarnya.

Baca juga: Marc Marquez Ungkap Alasan Pindah ke Gresini Racing

Alex mengatakan, dia sama sekali tidak mencoba untuk memengaruhi kakaknya agar pindah ke Gresini Racing. Mulai musim depan, keduanya akan reuni dan menjadi rekan satu tim lagi.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP India 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP India 2023

"Seperti yang dia katakan, dia mengubah pikirannya, idenya, setiap hari. Suatu hari, saya katakan, 'Anda banyak berubah, saya akan memberikan opini saya sebagai saudara, bukan sebagai pebalap Gresini Ducati'," kata Alex.

Alex mengatakan, Marc akan pindah ke tim kecil, tapi bukan berarti tidak profesional. Gresini Racing adalah keluarga kecil, selalu bersama. Menurut dia, ini akan membantu Marc untuk menikmati balapan lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com