Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Pakai BBM Euro 4 Bisa Tekan Emisi Gas Buang 40 Persen

Kompas.com - 16/10/2023, 10:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Rencana penerapan ganjil genap bagi sepeda motor kembali mencuat, tujuannya untuk menurunkan tingkat polusi udara di Jakarta.

Padahal masih ada cara lain untuk menekan emisi gas buang, salah satunya memakai BBM Euro 4, khususnya bagi motor keluaran baru.

Ahmad Safrudin, Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), mengatakan, motor yang beralih memakai BBM standar Euro 4 bisa menyumbang penurunan tingkat polusi udara.

Baca juga: Ini Penyakit Bawaan Transmisi Matik Avanza-Xenia, Rush-Terios

Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU PertaminaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU Pertamina

“Bisa, itu bisa turun sekitar 40 persen (motor beralih ke Pertamax Turbo) pencemarannya,” ujar pria yang akrab disapa Puput, kepada Kompas.com (13/10/2023).

Puput juga menyarankan pemerintah agar menghapus BBM Euro 2 dan beralih menggunakan BBM Euro 4.

Sebagai informasi, BBM standar Euro 2 seperti Pertalite atau Bio Solar diklaim sudah tidak digunakan di berbagai negara di dunia, karena menghasilkan emisi gas buang yang lebih tinggi.

Baca juga: Diduga Rem Blong, X-Trail Tabrak Xpander dan Seruduk Kaca Mal di MOI

“Kemudian, harus tegas konteks bahan bakar. Karena bahan bakar kita dapat dikatakan amat sangat buruk,” kata Puput.

“Misalnya Pertalite, itu kan bahan bakar buruk. Di negara lain sudah enggak dipakai, di ASEAN pun enggak ada. Paling rendah standar Euro 4, BBM Euro 4 itu Pertamax Turbo,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com