Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chery Indonesia Tertarik Jualan Mobil LCGC

Kompas.com - 14/10/2023, 15:01 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chery Sales Indonesia (CSI) selaku APM merek Chery di Tanah Air, memberikan komentarnya soal potensi jualan model terjangkau di kelas entry level.

Menurut pihak PT CSI, peluang tersebut memang ada dan tentunya menjadi pertimbangan. Namun untuk saat ini, hal itu dianggap bukan prioritas utama.

Harry Kamora, Vice President PT CSI menjelaskan, fokus utama yang hendak diraih saat ini adalah membangun kepercayaan konsumen dan melebarkan kesadaran merek. Langkah ini dinilai penting, menimbang Chery merupakan merek baru di industri otomotif Nasional.

“Kami (CSI) fokus membangun kepercayaaan di mata konsumen dulu. Sejauh ini, upaya tersebut bisa dikatakan cukup sukses,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Sabtu (14/10/2023).

Baca juga: Cara Menghitung Denda Pajak Motor yang Telat Bayar

CHERY OMODA 5 GT AWDKOMPAS.com/Sendy CHERY OMODA 5 GT AWD

Dia lanjut membagikan data yang menjadi dasar klaim kesuksesan tersebut, di mana merek Chery yang baru berusia sepuluh bulan sudah mampu menduduki peringkat 10 besar total penjualan mobil di tahun 2023.

Terkait segmentasi, Harry menjelaskan jika untuk saat ini, Chery hanya akan berfokus di segmen middle-up dan mengincar konsumen kategori menengah ke atas.

Namun menimbang kualitas penjualan di tahun 2023 terbilang baik, ada kemungkinan jika Chery akan segera meluaskan segmen target konsumen, yang nantinya juga mengincar entry level dan pembeli pertama.

“Dari pengalaman dan riset yang sudah kami lakukan, jauh lebih mudah memasuki segmen entry level setelah kepercayaan (konsumen) terbangun, untuk produk kami di segmen middle-up,” kata Harry.

Baca juga: Cekcok Ibu-ibu Mobil Mini dengan Transjakarta, Harus Ingat Blind Spot

Chery Service Car Tiggo 7 proKOMPAS.com/STANLY RAVEL Chery Service Car Tiggo 7 pro

Dia menambahkan, ada kemungkinan Chery bakal memberi kejutan besar saat meluncurkan produk baru di segmen entry level kelak. Kejutan itu bisa berupa mobil dengan harga yang sangat terjangkau, atau teknologinya komplit.

“Di segmen middle up yang keras (persaingannya sengit) saja kami bisa membuat gebrakan lewat Omoda 5 GT, jadi pasti kami juga bisa memberi kejutan di segmen entry level,” ucapnya.

Harry mengaku tidak bisa memberikan tanggal pasti terkait kapan mobil Chery di segmen entry level akan diluncurkan di Indonesia. Namun dia memastikan, peluangnya ada dan hal ini sangat bisa terjadi, bahkan dalam waktu dekat.

Untuk diketahui, sejauh ini Chery baru memasarkan 3 mobil di Indonesia, yakni Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro untuk model SUV, dan Omoda 5 untuk model Crossover SUV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com