Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Ferrari, Ini Risiko Tinggi Berkendara di Malam Hari

Kompas.com - 09/10/2023, 14:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam satu pekan, terjadi dua kecelakaan maut, di mana mobil menabrak sepeda motor hingga menyebabkan korban meninggal dunia. Kedua kecelakaan tersebut sama-sama terjadi pada malam hari.

Kejadian pertama, kecelakaan di daerah Bundaran Senayan, Jakarta Selatan. Kecelakaan diakibatkan oleh pengemudi Ferrari menabrak beberapa pengendara sepeda motor.

Baca juga: Mazda RX-8 dan Ferrari Kecelakaan, Bawa Mobil Sport Butuh Keahlian

Kejadian kedua, kecelakaan di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat. Toyota Innova dikabarkan menabrak satu sepeda motor yang dikendarai oleh satu orang dengan penumpang dua orang.

Kecelakaan di Kemayoran, Toyota Innova menabrak sepeda motor hingga pengendara dan penumpangnya meninggal duniaDok. @jakut.info Kecelakaan di Kemayoran, Toyota Innova menabrak sepeda motor hingga pengendara dan penumpangnya meninggal dunia

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, bahaya saat terang dan gelap memang berbeda. Tapi, sama-sama berujung kecelakaan.

"Hal yang paling harus diperhatikan adalah faktor pengemudi. Pasti kondisi fisik dan mentalnya drop setiap menit, karena sudah melewati aktivitas seharian sebelumnya," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Mobil Dinas Polisi Kecelakaan, Netizen Malah Salah Fokus

Sony menambahkan, kondisi tersebut membuat fokus dan konsentrasi pengendara menjadi menurun. Saat malam hari, refleks dan reaksi tidak sebaik sebelumnya, pasti lebih lambat dan kurang terarah.

Mobil Ferrari merah milik RAS yang kini berada di kantor Subdit Gakkum Polda Metro Jaya, Senin (9/10/2023). Mobil itu diketahui menabrak sejumlah pengendara di Jalan Sudirman, dekat Bundaran Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (8/10/2023) pagi.KOMPAS.com/Joy Andre T. Mobil Ferrari merah milik RAS yang kini berada di kantor Subdit Gakkum Polda Metro Jaya, Senin (9/10/2023). Mobil itu diketahui menabrak sejumlah pengendara di Jalan Sudirman, dekat Bundaran Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (8/10/2023) pagi.

"Malam hari memang sepi, tapi ingat, mata juga sudah lelah dan ditambah visibilitas berkurang karena gelap. Lampu mobil dan jalan tidak mampu membuat suasananya seperti siang hari," kata Sony.

"Jadi, kondisi malam hari memang bahaya kecelakaannya tinggi dan fatal daripada siang hari," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com