Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kenapa Harus Pakai Motor Listrik

Kompas.com - 09/10/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pekan ke depan mungkin menjadi tantangan bagi pengendara motor, sebab setelah adanya kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), muncul pula informasi jika tilang uji emisi akan kembali berlaku.

Dengan adanya dua tantangan tersebut, bukan tidak mungkin biaya perawatan dan pemeliharaan motor akan melonjak, sebab selain untuk keperluan BBM, ada pula biaya agar mesin sehat dan emisinya sesuai.

Melihat situasi ini, Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menganjurkan masyarakat untuk mulai mempertimbangkan beralih ke motor listrik.

Baca juga: Cuaca Panas, Pengendara Motor Dianjurkan Pakai Jaket Jenis Ini

Test ride motor listrik United TX3000KOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride motor listrik United TX3000

Ganesha Tri Chandrasa, EV and RE Senior Researcher BRIN menjelaskan, ada dua alasan yang melatarbelakangi klaim tersebut. Pertama, beberapa kendala di atas tidak akan dijumpai oleh pengguna.

Penggunaan motor listrik terbukti jauh lebih memangkas biaya pengeluaran bahan bakar, karena hanya mengandalkan tenaga listrik dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan bensin.

Selain itu, motor listrik juga tidak menghasilkan emisi gas buang dan perawatannya terbilang murah. Satu lagi perbedaan kontras dengan motor bensin.

Baca juga: Tilang Uji Emisi Jakarta Berlaku Lagi, Masyarakat Harus Sudah Siap

Pelaksanaan tilang uji emisi di Mal Taman Anggrek JakartaKompas.com/Daafa Alhaqqy Pelaksanaan tilang uji emisi di Mal Taman Anggrek Jakarta

“Memang dari segi biaya pemakaian dan perawatan, motor listrik sudah unggul jauh dibandingkan motor bensin,” ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (7/10/2023).

Alasan kedua yang dibagikan Chandra, adalah karena pemerintah tengah memfasilitasi masyarakat untuk membeli motor listrik, melalui subsidi Rp 7 juta.

Menurut dia, ini merupakan satu manfaat yang sebaiknya dinikmati, karena selain harga motor listrik jadi jaub lebih murah, hal ini juga membuktikan keseriusan pemerintah untuk jangka panjang.

Baca juga: Ini Kendaraan yang Pasti Lolos Tilang Uji Emisi

Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU PertaminaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU Pertamina

“Targetnya pemerintah itu memang memperbanyak populasi motor listrik, dan pastinya ekosistem jangka panjang juga sudah disiapkan, jadi enggak perlu khawatir lagi,” ucap dia.

Dua alasan tersebut dinilai jadi poin unggul bagi masyarakat, supaya bisa beralih menggunakan motor listrik sebagai kendaraan utama.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com