Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langit Tak Biru Lagi, Slank Ajak Beralih ke Kendaraan Listrik

Kompas.com - 08/10/2023, 08:21 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jelang ulang tahunnya ke-40, Slank membuat sesuatu yang berbeda untuk mengisi kebahagian atas pencapaiannya. Alih-alih berpesta pora, Slank justru meluncurkan program konversi skuter listrik dari hasil konversi sebanyak 40 paket.

Slank jalin kerja sama dengan bengkel konversi ternama di Tanah Air yakni Elders Garage. Hal itu dilakukan semata-mata agar masyarakat sadar pentingnya udara bersih.

Mereka mengklaim paket skuter listrik konversi tersebut sudah laku terpesan sebanyak 25 kit, sehingga sisa 15 kit saja.

Baca juga: Vega ZR Slank Lawas Dikonversi Elders Elettrico, Jadi Super Antik

PT Pegadaian tawarkan pembiayaan kendaraan listrikDok/KUSTOMFEST PT Pegadaian tawarkan pembiayaan kendaraan listrik

Kaka, Vokalis Slank mengatakan awal mulanya dia dihantui kebingungan jelang ulang tahun ke-40 Slank untuk membuat sesuatu yang spesial.

“Awalnya bingung kan, mau buat apa ya, akhirnya terlintas ingin membuat suatu yang secara pasti memberikan dampak baik pada lingkungan meski dimulai dari hal kecil, yakni mengkonversi skuter menjadi kendaraan listrik,” ucap Kaka dalam acara Talk Show di Kustomfest 2023, Sabtu (7/10/2023).

Dalam kesempatan tersebut Kaka menyinggung perbedaan warna langit Jakarta dan Yogyakarta, di mana kota Jakarta langitnya terlihat kusam karena tingginya tingkat polusi udara.

“Dengan skuter listrik hasil konversi maka kendaraan yang dikendarai tidak menghasilkan polusi udara, sehingga langit bisa menjadi lebih biru,” ucap Kaka.

Baca juga: Cerita Kaka Slank Kepincut Vespa Listrik, Bikin Orang Lain Senyum

Kustomfest 2023KOMPAS.com/STANLY RAVEL Kustomfest 2023

Kaka juga mengatakan akan melelang skuter listrik hasil konversi seri pertama di bulan Oktober dengan berbagai kelebihan termasuk tanda

Tidak hanya mengkonversi skuter menjadi kendaraan listrik, Kaka juga telah berhasil mengkonversi motor bebek Yamaha Vega R tahun 2009 menjadi motor listrik. Motor tersebut dipamerkan di depan para hadirin di Kustomfest 2023.

“Program paket konversi motor listrik pada Yamaha Vega ZR termasuk lebih terjangkau, masyarakat hanya butuh menyediakan unit motor tuanya dan Rp 7 juta, ada 40 paket motor listrik untuk rakyat spesial edisi Slank ” ucap Kaka.

Masyarakat dapat membayar senilai Rp 7 juta untuk paket konversi (dynamo,controller, mounting), Rp 7,2 juta untuk baterai kapasitas 72V 20 Ah dan Rp 9,5 juta untuk baterai 72V 24 Ah harga berikut charger. Harga ini belum termasuk biaya Instalasi dan pengurusan surat-surat.

Baca juga: Kolaborasi Slank dan Elders Elettrico, Siapkan 4.040 Paket Konversi Motor Listrik

Kustomfest 2023KOMPAS.com/STANLY RAVEL Kustomfest 2023

Sementara itu, berikut ini spesifikasi paket konversi untuk rakyat:
Motor 2 Kw , battery 72v 20 Ah , kecepatan maksimal 70 Kpj, jarak tempuh 45-50 Km
Motor 2 Kw, battery 72v 24 Ah, kecepatan maksimal 85 Kpj , jarak tempuh 60 Km

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com