Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Susunan Pebalap MotoGP Musim 2024

Kompas.com - 07/10/2023, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – MotoGP 2023 sudah masuk seri keempat belas dari yang ditargetkan 20 seri. Jelang penghujung musim ini, sudah ada beberapa tim yang mengumumkan pebalapnya untuk MotoGP 2024.

MotoGP 2024 diperkirakan kembali diikuti 22 pebalap dan 11 tim, mengingat Dorna Sports masih menyegel dua slot kosong peninggalan Suzuki pada akhir 2022. Dorna bersikeras slot itu hanya boleh diambil alih pabrikan baru yang merakit motor baru pula.

Sporting Director Dorna, Carlos Ezpeleta, bahkan ingin mengurangi peserta menjadi 20 rider saja jika tak ada pabrikan baru yang ingin bergabung.

Baca juga: Dilarang Bawa Kru, Marquez Pindah ke Ducati Seorang Diri

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Meskipun musim ini belum berakhir, bursa transfer pebalap sudah cukup ramai. Ada beberapa pebalap yang membuat keputusan mengejutkan yang memengaruhi susunan pebalap MotoGP.

Marc Marquez telah mengumumkan hengkang dari Repsol Honda, dan diprediksi akan membela Gresini, yang merupakan tim satelit Ducati. Namun demikian belum ada pernyataan resmi, sehingga daftar pebalap Gresini baru ditempati Alex Marquez saja buat musim depan.

Hengkangnya Marquez juga masih menyisakan satu slot kosong di Repsol Honda, yang sebelumnya sudah ditempati Joan Mir.

Baca juga: Bursa Transfer MotoGP, Honda Rekrut Vinales Gantikan Marquez

Franco Morbidelli sudah resmi dipastikan bakal terdepak dari Monster Energy Yamaha akhir musim nanti. Ia akan membela Prima Pramac Racing bersama Jorge Martin musim depan.

Posisinya di Yamaha akan digantikan oleh Alex Rins, yang akan bertandem dengan Fabio Quartararo. Sementara itu, posisi Rins di LCR juga sudah dipastikan akan diambil alih Johann Zarco.

GASGAS resmi mengumumkan bahwa Pedro Acosta akan naik ke kelas MotoGP musim depan. Membela GASGAS Factory Racing Tech 3, ia akan bertandem dengan Augusto Fernandez.

Baca juga: Daftar Harga Honda Jazz Bekas per Oktober 2023, mulai Rp 79 Jutaan

Marc Marquez, Fabio Quartararo, Aleix Espargaro, Augusto Fernandez, Franco Morbidelly, datang ke jumpa pers menjelang MotoGP India 2023 di Buddh International Circuit pada 21 September 2023. (Foto oleh Money SHARMA / AFP)MONEY SHARMA/AFP Marc Marquez, Fabio Quartararo, Aleix Espargaro, Augusto Fernandez, Franco Morbidelly, datang ke jumpa pers menjelang MotoGP India 2023 di Buddh International Circuit pada 21 September 2023. (Foto oleh Money SHARMA / AFP)

Mooney VR46 Racing Team yang merupakan tim balap milik Valentino Rossi juga sudah memastikan bahwa Marco Bezzecchi dan Luca Marini bertahan setahun lagi di skuad mereka.

Tim-tim lain yang takkan mengalami perubahan line up di antaranya adalah Ducati Lenovo Team, Aprilia Racing, dan CryptoDATA RNF Aprilia.

Meski begitu, ada beberapa rider yang diduga bisa pindah tim meski masih terikat kontrak dengan timnya sampai akhir 2024.

 

Berikut ini update susunan pebalap MotoGP 2024:

Tim Pabrikan
- Repsol Honda (Honda): Joan Mir dan -
- Monster Energy Yamaha (Yamaha): Fabio Quartararo dan Alex Rins
- Lenovo Ducati Team (Ducati): Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini
- Red Bull KTM Factory Racing (KTM): Brad Binder dan Jack Miller
- Aprilia Racing (Aprilia): Aleix Espargaro dan Maverick Vinales

Tim Satelit
- LCR Honda Idemitsu-Castrol (Honda): Takaaki Nakagami dan Johann Zarco
- Prima Pramac Racing (Ducati): Franco Morbidelli dan Jorge Martin
- GASGAS Factory Racing Tech 3 (GASGAS): Augusto Fernandez dan Pedro Costa
- CryptoDATA RNF (Aprilia): Raul Fernandez dan Miguel Oliveira
- Mooney VR46 Racing Team (Ducati): Luca Marini dan Marco Bezzecchi
- Gresini Ducati (Ducati): Alex Marquez dan -

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com