Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-Benz Indonesia Sudah Resmi Diakuisisi Inchcape dan Indomobil

Kompas.com - 04/10/2023, 16:16 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Inchcape Plc (Inchcape), mengumumkan bahwa proses akuisisi penuh untuk operasi perakitan dan distribusi Mercedes-Benz AG di Indonesia telah rampung pada 1 Oktober 2023.

Menggandeng PT Indomobil Sukses International Tbk dengan pembagian kepemilikan 70:30, maka saat ini operasi PT Mercedes-Benz Indonesia dan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia sudah dialihkan.

"Kami senang bisa menyelesaikan akuisisi Mercedes-Benz Indonesia, memperluas kemitraan global kami dengan Mercedes-Benz," kata Inchcape's APAC CEO, Ruslan Kinebas, disitat dari keterangan resminya, Rabu (3/10/2023).

Baca juga: Biaya Pelihara Toyota Yaris Cross Hybrid 5 Tahun

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menggelar Mobile Service Clinic and Sales EventDok. MBDI PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menggelar Mobile Service Clinic and Sales Event

Inchcape sendiri, merupakan pemain otomotif cukup populer di luar negeri. Sebelum beroperasi di Indonesia, perusahaan itu telah bekerjasama dengan Mercedes-Benz sebagai mitra di wilayah Amerika dan yang terbaru di Filipina.

Bersama Indomobil Group yang memegang saham 30 persen, pengelolaan penjualan akan berada di bawah naungannya. Sementara kegiatan produksi, tetap dilakukan di pabrik yang berlokasi di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

Karyawan diklaim akan tetap bekerja di bawah kepemilikan baru, semua kebijakan terkait kepegawaian akan tetap sama dan patuh pada peraturan yang berlaku.

"Kami telah meraih keberhasilan bersama Mercedes-Benz sebagai mitra di wilayah Amerika dan yang terbaru di Filipina. Indonesia adalah pasar prioritas bagi Inchcape dan saya semangat akan kesuksesan bersama Mercedes-Benz di Indonesia," ujar dia.

Baca juga: Ducati DesertX Rally, Motor Flagship Petualang dari Italia

Mercy Plug-in Hybrid Mercy Plug-in Hybrid

"Penambahan Mercedes-Benz ke dalam portfolio merek kami di Indonesia adalah langkah penting dalam mencapai ambisi kami untuk menjadi mitra utama dalam perjalanan Indonesia ke era energi baru dan menjadi pemain penting dalam segmen premium mass to luxury," tambah Ruslan.

Pihak Indomobil dan Mercedes-Benz AG sendiri, merasa antusias dengan langkah yang akan diambil bersama Inchcape sebagai mitra bisnis baru untuk merek Mercedes-Benz di Tanah Air. Apalagi saat ini pasar Indonesia tengah berkembang pesat.

"Kami menargetkan perkembangan yang semakin besar dengan memprioritaskan pengalaman pelanggan yang mewah pada masa transformasi dengan elektrifikasi dan digitalisasi," ucap Amanda Zhang, CEO & President Mercedes-Benz and Head of Region SEA II.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com