Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Perbedaan Chery Omoda 5 GT FWD dengan AWD

Kompas.com - 03/10/2023, 18:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Chery Omoda 5 GT sudah resmi dirilis untuk pasar nasional melalui PT Chery Sales Indonesia (CSI) jelang akhir pekan lalu, Kamis (29/9/2023) malam.

Terdiri dari dua pilihan roda penggerak yaitu Front Wheel Drive (FWD) dan All Wheel Drive (AWD) alias 4x4, mobil dipasarkan mulai Rp 448 jutaan on the road DKI Jakarta. Rencana perseroan, pengiriman dilakukan pada Oktober 2023 ini.

Pada kesempatan sama, redaksi Kompas.com pun mendapat kesempatan untuk menjajal produk baru tersebut. Lantas, kira-kira apa perbedaan dari Omoda 5 GT FWD dan AWD?

Baca juga: Penjelasan Mengapa Mobil China Bisa Lebih Murah

Jurnalis Kompas.com Mencoba Rasa Berkendara Chery Omoda 5 GT AWDKompas.com/Adityo Wisnu Jurnalis Kompas.com Mencoba Rasa Berkendara Chery Omoda 5 GT AWD

Tentu, perbedaan paling kentara adalah jumlah roda yang digerakkan langsung yaitu 2x4 dan 4x4. Selain itu, ada juga beberapa bagian yang diracik berbeda untuk menunjang karakteristik masing-masing varian.

Bagian kaki-kaki misalnya, di mana Omoda 5 GT FWD menggunakan pelek berukuran 18 inci berwarna gelap glossy. Sedangkan varian AWD, dibuat lebih besar dengan ukuran 19 inci berwarna hitam matte.

Sehingga secara keseluruhan, mobil tampak lebih gagak dan kekar untuk melintas di jalan perkotaan maupun semi offroad.

Chery Omoda 5 GT AWD Diatas Rintangan TanjakanKompas.com/Adityo Wisnu Chery Omoda 5 GT AWD Diatas Rintangan Tanjakan

Perbedaan lainnya, dikatakan Assistant President CSI Zheng Suo, ialah pada sektor basis alias platform dan suspensi. Hanya saja ia tidak menjelaskan secara rinci mengenai hal ini.

"Pada varian AWD, kami juga menyesuaikan pada sektor suspensi untuk menunjang pola berkendara lebih bervariatif," kata dia pada konferensi pers.

Benar saja, saat kami melakukan pengujian dengan berkendara secara zig zag, Omoda 5 GT AWD terasa lebih stabil, tidak ngebuang. Sehingga dalam berkendara sehari-hari akan meminimalisir gejala limbung yang membuat kenyamanan berkurang.

Masuk ke kabin, tidak ada perbedaan signifikan. Hanya saja pada Omoda 5 GT AWD daya wireless chargingnya lebih besar yaitu 50 Watt. Kemudian disematkan pula fitur Driving Monitoring System yang bisa membaca mimik pengendara.

Baca juga: Chery Masih Belum Bisa Pastikan Kehadiran Tiggo 4 Pro di Indonesia

Mode Berkendara Off Road di Chery Omoda 5 GT AWDKompas.com/Adityo Wisnu Mode Berkendara Off Road di Chery Omoda 5 GT AWD

Ketika pengendara telihat tidak fokus dalam melihat jalan atau mesin mendeteksi adanya perubahan pola bekendara, akan muncul suatu notifikasi yang mengimbau pengendara untuk beristirahat.

Adapun perbedaan fitur lainnya yang paling mencolok ialah mode berkendara, di mana Omoda 5 GT AWD punya enam mode yaitu normal, eco, sport, mud, snow, dan offroad. Di Omoda 5 GT FWD, hanya ada normal, eco, dan sport saja.

Selama pengetesan, kehadiran tambahan mode berkendara itu membuat traksi dan grip ban ke medan jalan menjadi maksimal. Sehingga memudahkan pengendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com