Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 2 Penyebab Utama Kompresor AC Mobil Rusak

Kompas.com - 03/10/2023, 16:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem kerja AC mobil mirip seperti AC rumah. Salah satu komponen yang krusial di AC mobil ialah kompresor yang memompa freon agar bersirkulasi ke semua komponen AC mobil.

Tak hanya untuk sirkulasi, kompresor juga berfungsi memampatkan freon. Saat kompresor rusak, maka freon tidak tersalurkan dengan baik. Refrigerant akan bocor dan jika dibiarkan freon akan cepat habis.

Harus diakui mayoritas pemilik mobil tidak fokus dalam merawat AC mobil. Perawatan biasanya hanya dilakukan di bengkel resmi saat servis berkala, dan datang ke bengkel saat AC tidak dingin.KOMPAS.com/Gilang Harus diakui mayoritas pemilik mobil tidak fokus dalam merawat AC mobil. Perawatan biasanya hanya dilakukan di bengkel resmi saat servis berkala, dan datang ke bengkel saat AC tidak dingin.

Rastomo Yudho Hermawan, Kepala Cabang Bengkel Resmi AC Denso, PT Kikijaya Airconindo di Radio Dalam, Jakarta Selatan, ada dua hal yang membuat kompresor AC mobil cepat rusak.

"Pertama yang paling umum ialah konsumen tidak memerhatikan oli kompresor. Jadi kompresor itu juga unya oli untuk pelumas. Konsumen sering hanya menambah freon tapi tidak mengganti oli. Ini yang sering terjadi," kata Yudho kepada Kompas.com, Senin (2/10/2023).

Kemudian hal kedua kata Yudho ialah membiarkan adanya kebocoran di salah satu bagian AC. Yudho mengatakan, AC mobil tidak dingin sudah pasti karena ada kebocoran. Namun cara cepat yang sering dilakukan ialah isi freon bukan memperbaiki kebocoran.

Kompresor AC mobilKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Kompresor AC mobil

Saat freon berkurang atau bahkan abis maka kompresor terus bekerja. Hal itu yang kemudian membuat kompresor cepat rusak.

"Jadi itu kebocoran. Karena dia bekerja terus. Mayoritas itu yang terjadi yang paling sering membuat kompresor pada AC mobil rusak," ungkap Yudho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com