Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AC Mobil Agya-Agyla Sering Tidak Dingin, Cek Magnetic Clutch Kompresor

Kompas.com - 03/10/2023, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik mobil Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang sering AC mobilnya tidak dingin bisa jadi dikarenakan komponen magnet clutch pada kompresor AC sudah tidak bekerja dengan baik.

Hal tersebut diungkapkan Agus, pemilik bengkel AGS AC Mobil, di sentra otomotif Pasar Palmerah, Jakarta, yang mengatakan saat ingin banyak pemilik Agya-Ayla yang mencari magnet clutch untuk mobilnya.

Baca juga: Tameng Pelindung Kaca Bus Bisa Ganggu Visibilitas Pengemudi

"Agya-Ayla yang umum, dia magnet clutch yang sedang ramai (sering rusak) yang dihajar. Magnet cluth itu kopling AC. Banyak rusak mungkin jeda waktu," ujar Agus yang ditemui di Jakarta, Senin (2/10/2023).

Agus pemilik Agus pemilik AGS AC Mobil di Pasar PalmerahKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Agus pemilik Agus pemilik AGS AC Mobil di Pasar Palmerah

Agus mengatakan magnet clutch Agya-Agya yang orisinil berkisar Rp 600.000-an, sedangkan yang imitasi alias KW bisa buatan Thailand dan lainnya sekitar Rp 450.000-an.

"Avanza juga sama barunya Rp 600.000-an, Xpander agak lebih mahal, kemudian Innova Rebon bisa Rp 1,1 juta," ungkap Agus.

Baca juga: Pengendara Apes, Langsung Bertemu Polisi Setelah Pasang Knalpot Brong

Mengutip penjelasan Daihatsu, magnet clutch merupakan komponen yang terdiri dari spull magnet, pulley dan clutch.

Kompresor AC yang terendam air bisa macet pada bagian magnetic clutchnyaKompas.com/Erwin Setiawan Kompresor AC yang terendam air bisa macet pada bagian magnetic clutchnya

Bagian pulley nantinya akan berputar secara terus menerus mengikuti putaran mesin yang terhubung dari fan belt. Komponen ini juga sering disebut sebagai pengaktif serta penonaktif kerja kompresor

Komponen ini akan mengatur kapan waktu yang tepat agar kompresor tetap bekerja walaupun pulley berputar di mesin. Saat kompresor sudah mulai bekerja, tekanan di bagian Freon akan mengalami peningkatan.

Apabila magnetic clutch AC rusak maka AC tidak bisa mengeluarkan suhu dingin. Sebab kompresor tidak lagi terhubung ke putaran mesin dan tidak mampu menyalurkan freon ke komponan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com