Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AC Mobil Agya-Agyla Sering Tidak Dingin, Cek Magnetic Clutch Kompresor

Hal tersebut diungkapkan Agus, pemilik bengkel AGS AC Mobil, di sentra otomotif Pasar Palmerah, Jakarta, yang mengatakan saat ingin banyak pemilik Agya-Ayla yang mencari magnet clutch untuk mobilnya.

"Agya-Ayla yang umum, dia magnet clutch yang sedang ramai (sering rusak) yang dihajar. Magnet cluth itu kopling AC. Banyak rusak mungkin jeda waktu," ujar Agus yang ditemui di Jakarta, Senin (2/10/2023).

Agus mengatakan magnet clutch Agya-Agya yang orisinil berkisar Rp 600.000-an, sedangkan yang imitasi alias KW bisa buatan Thailand dan lainnya sekitar Rp 450.000-an.

"Avanza juga sama barunya Rp 600.000-an, Xpander agak lebih mahal, kemudian Innova Rebon bisa Rp 1,1 juta," ungkap Agus.

Mengutip penjelasan Daihatsu, magnet clutch merupakan komponen yang terdiri dari spull magnet, pulley dan clutch.

Bagian pulley nantinya akan berputar secara terus menerus mengikuti putaran mesin yang terhubung dari fan belt. Komponen ini juga sering disebut sebagai pengaktif serta penonaktif kerja kompresor

Komponen ini akan mengatur kapan waktu yang tepat agar kompresor tetap bekerja walaupun pulley berputar di mesin. Saat kompresor sudah mulai bekerja, tekanan di bagian Freon akan mengalami peningkatan.

Apabila magnetic clutch AC rusak maka AC tidak bisa mengeluarkan suhu dingin. Sebab kompresor tidak lagi terhubung ke putaran mesin dan tidak mampu menyalurkan freon ke komponan lain.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/03/140100915/ac-mobil-agya-agyla-sering-tidak-dingin-cek-magnetic-clutch-kompresor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke