Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Celana Riding yang Cocok Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 29/09/2023, 17:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain menggunakan jaket yang cocok buat cuaca panas, pemilihan celana riding tidak kalah penting untuk menghindari risiko dehidrasi selama berkendara.

Vincent Nugroho, Founder & CEO Contin Motosports, merek apparel berkendara asal Bandung, mengatakan, secara umum pemotor bisa memilih bahan yang relatif adem atau bahan yang lebih tahan banting buat berkendara.

“Bedanya badan atas dan badan bawah, ketahanan terhadap panasnya beda. Badan bawah itu, seperti kaki, lebih mau disiksa oleh panas, masih toleran,” ujar Vincent, kepada Kompas.com (28/9/2023).

Baca juga: Meluncur Besok, Simak Bocoran Chery Omoda 5 GT

Eiger X Royal Enfield, lahirkan apparel berkendara eksklusifDok. Royal Enfield Eiger X Royal Enfield, lahirkan apparel berkendara eksklusif

“Makanya bawah pakai jeans, yang sebenarnya katun itu. Jeans sudah paling ideal di cuaca panas buat bahan celana. Kalau gerah atau enggak, balik lagi apakah jeans ini ketat atau tidak, slim fit atau enggak,” kata dia.

Meski begitu, penggunaan jeans rupanya tidak begitu direkomendasikan dari sisi keamanan berkendara, karena bahannya yang mudah sobek.

“Kalau mau rekomendasi bisa bahan yang berbasis polyester atau nylon, dengan gramasi kurang lebih sama dengan jaket,” ucap Vincent.

Baca juga: Jaga Kabin Tetap Adem, Saat Parkir Mobil di Lapangan pada Suhu Panas

“Jangan yang tipis, karena ketika orang jatuh biasanya yang menapak ke jalan itu dengkul, paha, pantat. Karena orang jatuh biasanya dengkulnya yang sobek di celananya, berikut dengan kulitnya,” ujarnya.

Sementara itu, dari sisi harga, celana dengan bahan polyester atau nylon tidak selamanya lebih mahal daripada jeans. Bahkan ada juga jeans yang lebih mahal dibandingkan celana dari polyester atau nylon.

“Jadi elemen yang menentukan harga itu banyak, bisa di atasnya atau di bawahnya. Bahan jeans pun kualitasnya macam-macam,” kata Vincent.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com