Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Aturan Cabut SIM, Polisi Janji Akan Sosialisasi Dulu

Kompas.com - 29/09/2023, 17:17 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyusul wacana pemberlakuan aturan cabut SIM bagi pengendara yang banyak mengoleksi pelanggaran, ada beberapa poin penting yang harus dijadikan perhatian.

Aturan cabut SIM sejatinya sudah dicanangkan sejak tahun 2021 dan prosesnya masih dalam tahap pematangan.

Namun menimbang tingginya sikap indisipliner pengguna kendaraan, regulasi baru ini nampaknya bakal segera diterapkan.

Baca juga: Catat, Aturan Cabut SIM Lewat Poin Sudah di Tahap Akhir

Anggota Satlantas Polres Sumenep saat memantau pelanggaran lalu lintas melalui kamera pengintai dengan sistem tilang elektronik (e-tilang) atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), Selasa (1/11/2022). Polres Sumenep Anggota Satlantas Polres Sumenep saat memantau pelanggaran lalu lintas melalui kamera pengintai dengan sistem tilang elektronik (e-tilang) atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), Selasa (1/11/2022).

Kendati demikian, pihak Kepolisian memastikan jika aturan cabut SIM tidak serta-merta diberlakukan. Akan ada tahap sosialisasi dan pengenalan terlebih dahulu bagi masyarakat.

Kepala Urusan Administrasi Penindakan Pelanggaran Direktorat Penegakkan Hukum Korlantas Polri Kompol Mukmin Timoro menjelaskan, sosialisasi alias penyuluhan merupakan satu SOP wajib yang pasti dilakukan saat menerapkan aturan baru.

Contoh dari sosialisasi yang dimaksud adalah saat pemberlakuan tilang elektronik lewat ETLE untuk pertama kali, atau saat tilang manual kembali diadakan.

Baca juga: Alasan Anak di Bawah Umur Dilarang Berkendara, Ini Penjelasan Psikolog

Selama Operasi Zebra 2023, banyak dijumpai pengendara motor yang membawa helm, namun enggan dipakaiKompas.com/Daafa Alhaqqy Selama Operasi Zebra 2023, banyak dijumpai pengendara motor yang membawa helm, namun enggan dipakai

“Pastinya nanti ada fase woro-woro (sosialisasi) dulu, jadi bukan langsung berlaku full 100 persen, enggak begitu,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (29/9/2023).

Tahap sosialisasi memiliki 2 tujuan, pertama, untuk membiasakan masyarakat terhadap aturan baru dan mencegah terjadinya kesalahpahaman.

“Sosialisasinya bisa lewat anggota yang bertugas di lapangan, juga menggunakan medium sosmed (media sosial) milik Polri. Pastinya akan disuarakan dulu untuk beberapa waktu,” ujar Mukmin.

Baca juga: Pengendara yang Cukup Usia Belum Tentu Lolos Tes Psikologi Ujian SIM

Pelaksanaan Operasi Zebra Jaya di DKI JakartaKompas.com/Daafa Alhaqqy Pelaksanaan Operasi Zebra Jaya di DKI Jakarta

Tujuan kedua, adalah untuk menakar tingkat efektivitas dari penerapan aturan dimaksud, sekaligus menambah data baru yang mungkin bisa jadi poin pelengkap.

“Ketika aturan ini dijalankan, kami (Polisi) juga butuh proses untuk menyempurnakan supaya bisa lebih sesuai,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com