Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Lengkap Powerace Triex, Bisa Angkut Beban 500 Kg

Kompas.com - 22/09/2023, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Powerace Triex merupakan motor listrik roda tiga dengan aplikasi bak. Pertama kali diperkenalkan saat IEMS 2023, Triex cocok buat jadi kendaraan roda tiga niaga yang mumpuni.

Secara tampilan, Triex mirip dengan motor roda tiga dengan aplikasi bak kebanyakan. Cuma bedanya, biasanya ada mesin dan pakai tangki seperti motor kopling, Triex menggunakan tameng untuk kabin pengendara.

Model setang tetap seperti motor kopling, tinggi dan nyaman. Sedangkan posisi yang harusnya ada tangki, jadi kosong, diganti dengan tameng beserta ada instrument cluster yang sudah digital.

Baca juga: Coba Powerace Triex, Motor Listrik Roda Tiga Buatan Indonesia

Test ride Powerace Triex di IEMS 2023KOMPAS.com/NANDA Test ride Powerace Triex di IEMS 2023

Secara spesifikasi, Triex baterai jenis lithium buatan dalam negeri dengan kapasitas 60V 46Ah. Baterai tersebut dikombinasikan dengan dinamo yang memiliki daya 3 kW, terhubung dengan diferensial dengan pilihan gigi mundur.

Kombinasi baterai dan dinamo tadi membuat Triex bisa melaju sampai 50 Kpj dalam keadaan tanpa muatan. Kemampuan Triex juga lumayan mumpuni, bisa membawa beban di bak sampai 500 Kg.

Pada kondisi tersebut, Powerace klaim jarak tempuh Triex mencapai 60 Km. Untuk pengisian daya, memakai casan 10A, cuma memakan waktu lima jam.

Baca juga: Suzuki Jimny 5 Pintu Sudah Terdaftar di Indonesia, Harga Rp 300 Jutaan


Kalau bicara kaki-kaki, layaknya kebanyakan motor roda tiga, Triex memakai pelek 12 inci. Suspensi depan teleskopik sedangkan belakang model per daun, untuk heavy duty.

Redaksi sempat bertanya ke sales yang bertugas di IEMS, Triex memang punya daya angkut lebih kecil daripada yang mesin konvensional yang bisa sampai 800 Kg. Kenapa 500 Kg, agar mendapat jarak tempuh ideal dan baterai tidak terlalu besar.

Test ride Powerace Triex di IEMS 2023KOMPAS.com/NANDA Test ride Powerace Triex di IEMS 2023

Selain itu, aplikasi bak yang ada di belakang bisa dibuat jadi berbagai macam, sesuai permintaan pemesan. Harga dari Triex sekitar Rp 70 juta, memang hampir tiga kali lipat dari yang mesin konvensional.

Nantinya, konsumen mendapatkan garansi baterai satu tahun. Fitur tambahan yang ada di Triex adalah USB port.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com