Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Nekat Pengendara Motor Buntuti Bus dari Jarak Dekat

Kompas.com - 19/09/2023, 17:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial aksi nekat pengendara motor yang membuti bus dalam jarak yang dekat. Rekaman itu diunggah oleh akun Instagram bernama @lowslow.indonesia.

Dalam tayangan tersebut, terlihat tiga pengendara motor yang berada tepat di belakang, menempel laju bus. Padahal bisa saja pengendara tersebut melaju di sisi kiri bus karena jalanan yang cukup lenggang.

Terkait kejadian ini, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, kelakuan pengendara sepeda motor ini sangat berbahaya.

Baca juga: Ducati Siapkan Hypermotard Pakai Mesin Satu Silinder

“Perilaku berkendara seperti itu jelas berbahaya karena jika bis melakukan pengereman mendadak, maka pengendara motor itu kemungkinan besar akan menabrak bus, karena tidak ada jarak aman untuk melakukan pengereman," ucap Agus saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/9/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LOWSLOW® Official (LS) (@lowslow.indonesia)

Agus melanjutkan, pengendara motor yang melakukan hal tersebut biasanya tidak memikirkan efek yang terjadi kalau bus tiba-tiba saja mengerem mendadak.

Baca juga: Video Viral WNA Dorong Polisi Saat Ditilang, Cuma Dapat Teguran

Selain itu, menurut Agus, pengendara motor sebaiknya memahami bahaya dari aksi tersebut dan tidak menjadikannya sebagai konten media sosial saja.

"Jadi sebaiknya jangan untuk dilakukan walaupun hanya sekedar membuat konten untuk media sosial karena ketika terjadi kecelakaan maka hal tersebut tidak dapat diulang untuk tidak terjadi," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com