Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Klaim Penjualan Tidak Terdampak Peredaran Oli Palsu

Kompas.com - 08/09/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peredaran oli palsu di Indonesia kembali marak terjadi, dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir.

Informasi ini pertama kali dibahas di forum diskusi Asosiasi Pelumas Indonesia (Aspelindo), yang dihelat pada akhir Agustus 2022.

Forum tersebut mengungkap jika peredaran oli palsu semakin fleksibel dan mudah dijumpai konsumen, karena mulai dipasarkan di forum jual beli (FJB). Kualitasnya pun semakin menyamai oli asli, dan kian sulit dibedakan.

Baca juga: Pemerintah Dorong Ekosistem EV, Investasi Sudah Capai Rp 3,2 Triliun

Pilihan oli baru dari Castrol untuk semua tipe mobil, mulai SUV sampai HybridKompas.com/Daafa Alhaqqy Pilihan oli baru dari Castrol untuk semua tipe mobil, mulai SUV sampai Hybrid

Walau peredarannya kian marak, produsen merek oli Castrol Indonesia, mengakui jika hal tersebut tidak berpengaruh pada angka penjualan.

Ekza Novtiano, Brand and Product Manager Castrol Indonesia menjelaskan, penjualan oli di tahun 2023 terbilang stabil dan masih dianggap aman.

“Secara penjualan, kami tidak terpengaruh. Walaupun isu itu (peredaran oli palsu) memang sedang ramai-ramainya diomongkan,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (7/9/2023).

Walaupun hal ini baik bagi pihak produsen, jika melihat dari sudut pandang lain, pihak konsumen-lah yang nampaknya masih jauh dari kata aman.

Baca juga: Pilihan Baru Oli Khusus Mobil Hybrid, Diklaim Bisa Bikin Baterai Dingin

Mesin mobil rusak parah akibat oli palsuKompas.com/Daafa Alhaqqy Mesin mobil rusak parah akibat oli palsu

Sebab maraknya peredaran oli palsu, ditambah dengan kualitas visualnya yang semakin mirip dengan oli asli, tentunya akan sangat membingungkan dan bahkan bisa merugikan konsumen.

Menyikapi hal ini, Ekza menyarankan para konsumen untuk mulai meninggalkan kebiasaan membeli oli dari FJB dan tidak tergoda dengan harga murah.

“Paling aman adalah membeli di lapak resmi produsen oli, yang sudah ada di marketplace. Atau kalau mau lebih yakin lagi, sebaiknya datang ke distributor offline, atau bengkel servis yang memang menjadi agen (oli resmi),” kata dia.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com