Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Benar Cuci Mobil Warna Doff

Kompas.com - 03/09/2023, 12:03 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cat mobil doff alias cat matte kembali tren belakangan ini. Tak sedikit pabrikan mobil yang melansir mobil dengan cat yang minim pendar membuat tampilannya modern sekaligus elegan.

Putra Samiaji, GM of Aftersales Service Department at PT Hyundai Motors Indonesia, mengatakan, dalam perawatan cat matte memang perlu ada perlakuan khusus namun dalam pencucian pada dasarnya sama saja.

Baca juga: Heboh, Yamaha RX-King Lolos Uji Emisi di Bengkel AHASS Honda

Cara pertama yang paling penting kata Putra, saat melakukan pencucian mobil secara manual, gunakan tekstil lembut seperti microfiber dan sponge agar tidak merusak permukaan cat.

Putra mengatakan, cuci permukaan mobil dengan sabun dan bersihkan sisa busa dengan wash pada atau sponge. Lalu keringkan air menggunakan handuk microfiber.

Ilustrasi Lap MicrofiberKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi Lap Microfiber

"Tidak dianjurkan untuk menggunakan sikat dengan permukaan kasar," kata Putra yang ditemui di sela-sela test drive Hyundai Stargazer X di Yogyakarta, awal pekan ini.

Kemudian jika melakukan pencucian mobil otomatis. Dalam pencucian mobil otomatis, mode sikat (scratch & gloss) tidak diperbolehkan.

"Sebelum mulai mencuci permukaan mobil, bilas sisa kotoran dengan air. Gunakan handuk yang basah. Sebab handuk kering berpotensi menyebabkan goresan," ujar Putra.

Baca juga: Hasil Sprint Race MotoGP Catalunya, Aleix Espargaro Juara

Bonar Pakpahan, Product Expert Hyundai Motors Indonesia, mengatakan, perawatan khusus sebetulnya tidak ada sama seperti pilihan cat mobil lain. Hanya saja perlu diperhatikan pemilihan sabun untuk mencuci.

Ilustrasi mencuci mobil di rumah- Ilustrasi mencuci mobil di rumah

“Kalau perawatan khusus sih sebenarnya mungkin lebih kepada jangan menggunakan sabun dengan kandungan pH yang tinggi. Karena sabun dengan kandungan pH yang tinggi itu asamnya tinggi," kata Bonar.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya, Bagnaia Pole Position

“Kalau asamnya tinggi itu sifatnya abrasif, yang mana membuat cat doff itu lama kelamaan malah jadi mengkilap atau glossy, ya. Pakai sabun khusus yang memang buat cuci mobil aja (pH netral)," ungkap Bonar.

Bonar mengatakan, tak sedikit pemilik menggunakan sabun cuci piring untuk cuci mobil yang sebetulnya kurang baik untuk cat mobil apalagi untuk cat matte.

“Jangan pakai sabun lainnya, seperti pakai sabun cuci piring atau semacamnya. Warna matte atau doff itu memang istilahnya butuh effort lebih agar karakteristik warnanya tetap tampak dan terjaga," kata Bonar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com