Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Mobil Listrik Siap Ramaikan KTT ASEAN Ke-43 Jakarta

Kompas.com - 01/09/2023, 07:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan mobil listrik kembali meramaikan kegiatan kenegaraan di dalam negeri. Kali ini, acara dimaksud ialah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 yang digelar di Jakarta pada 5-7 September 2023.

Penggunaan kendaraan listirk ini sejalan dengan upaya Indonesia menuju penggunaan energi baru terbarukan yang ramah lingkungan, guna mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060 mendatang.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama mengatakan, kendaraan listrik yang digunakan mencapai 800 unit, yang mencakup 560 unit mobil listrik dan 240 unit sepeda motor listrik.

Baca juga: Peluang Hyundai Ioniq 6 Gempur Sedan Listrik Asal Eropa

Model berpose di samping mobil All New BMW Seri 7 usai diluncurkan di PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta, Selasa (6/6/2023). BMW resmi meluncurkan sedan premium All New BMW Seri 7 rakitan lokal yang hadir dengan dua varian yakni 735i dan i7 yang menjadi varian listrik dari The New 7.Antara Foto/Rivan Awal Lingga Model berpose di samping mobil All New BMW Seri 7 usai diluncurkan di PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta, Selasa (6/6/2023). BMW resmi meluncurkan sedan premium All New BMW Seri 7 rakitan lokal yang hadir dengan dua varian yakni 735i dan i7 yang menjadi varian listrik dari The New 7.

Jajaran kendaraan ramah lingkungan tersebut merupakan hasil kerja sama dengan beberapa perusahaan otomotif nasional seperti BMW, Toyota, Hyundai, hingga Wuling. Sama seperti KTT sebelumnya, kendaraan berstatus pinjaman.

“Line up mobil listrik untuk rangkaian para leaders dan juga delegasi yang lain sudah kita siapkan, mulai untuk peruntukan bagi leader-nya pakai BMW i7,” kata Setya di keterangan tertulis.

Berjumlah 24 unit, BMW i7 yang dipinjamkan ini diperuntukkan sebagai transportasi pemimpin dari negara sahabat. Adapun spesifikasinya, tidak ada perubahan yaitu berkapasitas 101,7 kWh dengan tenaga maksimum 544 tk.

Kemudian untuk para Menteri dan Pejabat Tinggi, akan menggunakan Toyota bZ4X sebanyak 76 unit. Mobil dianggap cocok untuk memenuhi mobilitas selama KTT ASEAN ke-43 karena memiliki daya jelajah sampai 500 kilometer dalam sekali pengisian daya penuh.

Baca juga: Mengenal Pertamax Green 92 yang Bakal Gantikan Pertalite Tahun Depan

Mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com/Sendy Mobil listrik Toyota bZ4X

Sementara Hyundai mengeluarkan dua model mobil listrik berbasis baterai yang akan dipakai oleh pasangan para pejabat atau tamu VVIP dan protokoler, yaitu Ioniq 6 serta Ioniq 5.

Masing-masing berjumlah 52 unit bagi Ioniq 6 dan 208 unit khusus Ioniq 5. Kini, mobil mulai dikirimkan atau diserahkan kepada pihak Kementerian Sekretaris Negara.

"Kebetulan Ioniq 6 ini memang sesuai dengan kriteria yang kami minta, yaitu kendaraan listrik yang nyaman, memiliki daya jelajah cukup bagi aktivitas KTT, serta pengisian daya cepat," ucap Setya dalam kesempatan terpisah.

Terakhir ada Wuling Air ev sebanyak 150 unit yang bakal digunakan sebagai kendaraan operasional.

Baca juga: Rekor Terbaru, Toyota Akan Produksi Lebih dari 10 Juta Unit Tahun Ini

Wuling menampilkan tiga unit Air ev Long Range yang telah disesuaikan untuk berbagai kebutuhan.Dok. Wuling Wuling menampilkan tiga unit Air ev Long Range yang telah disesuaikan untuk berbagai kebutuhan.

Wuling Air ev dilengkapi dengan beragam kemudahan dan fitur modern yang siap untuk mendukung mobilitas ramah lingkungan selama KTT ASEAN 2023," kata Brand and Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani.

Melalui kerja sama antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, para tamu negara juga direncanakan menggunakan Mass Rapid Transit (MRT) dan shuttle bus listrik yang telah disiapkan untuk mengantarkan para tamu dari dan menuju Jakarta Convention Center (JCC).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com