Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Ertiga Tampil Amblas, Lebih Sporty dan Elegan

Kompas.com - 29/08/2023, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Ertiga menjadi salah satu Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang banyak dipilih oleh konsumen di Indonesia. Dibekali dengan tampilan yang modern, mobil 7 penumpang dari Suzuki ini juga terkenal irit bahan bakar dan nyaman saat dikendarai.

Meski berstatus sebagai mobil keluarga, tak jarang pemilik yang melakukan ubahan agar tampilannya menjadi lebih berkelas.

Seperti modifikasi yang dilakukan oleh pria bernama Jimmy Wijaya. Suzuki Ertiga lansiran tahun 2019 milik Jimmy, yang tampil amblas. Bibir ring pelek dibuat sampai nyaris menyentuh bibir fender. Konsepnya, sporty elegant, namun juga menambah nilai estetika dari LMPV pabrikan Jepang ini.

Baca juga: Pereli Baridwan Shammie Zacky Petik Hasil Impresif di AXCR 2023

Modifikasi Suzuki ErtigaVIXSHOOT Modifikasi Suzuki Ertiga

“Awal mulanya saya punya Ertiga lama dan sudah di modifikasi. Setelah 5 tahun pemakaian dijual dan diganti dengan All New Ertiga Sport tahun 2019. Untuk mobil tetap pilih Ertiga karena nyaman dan tidak pasaran kalo modifikasi, sebab dominan orang punya Ertiga lebih ke pemakaian harian,” ucap Jimmy, kepada Kompas.com, Senin (28/8/2023).

Setelah mendapat unit baru, pria yang memiliki hobi modifikasi ini pun langsung melakukan ubahan pada Ertiga miliknya. Dimulai dari bagian eksterior, di mana pria berusia 39 tahun ini melakukan penggantian pada pelek dan upgrade kaki-kaki.

“Mobil baru datang, belum ada pelat nomor sudah di upgrade pelek ring 17, dan di-ceperin dengan per custom. Kemudian upgrade lampu, head unit, serta beberapa ornamen lapis carbon kevlar,” kata Jimmy.

Modifikasi Suzuki ErtigaDok Pribadi Jimmy Wijaya (vixshoot) Modifikasi Suzuki Ertiga

Bagian eksterior, fascia depan Suzuki Ertiga milik Jimmy ini terlihat semakin sporty berkat penyematan bodykit custom. Plus, air suspension sehingga membuat tampilannya menjadi amblas.

“Bosan dengan custom per, akhirnya di upgrade ke air suspension merek Airgen produk dari bengkel Akasia, dan penggantian pelek Work Japan ring 18 lebar 8 rata dibalut ban 205/40. Ditambah pemasangan BBK Brembo (Big brake Kit) 4 piston rotor 330 supaya menambah kesan lebih proper,” ujar Jimmy.

Untuk sektor pencahayaan, Jimmy menggunakan full double Projie Biled Xp10, foglamp Biled Sirius Gen 2 dan L series dari Yoong Motor. Jimmy juga melakukan upgrade pada stop lamp dengan model welcome night yang menyatu.

Berlanjut ke bagian interior, Jimmy mengubah jok dengan material kulit berwarna burgundy dari Levante Nappa Microfiber. Pria asal Jakarta ini juga turut menyematkan armrest di jok depan dan belakang.

Modifikasi Suzuki ErtigaVIXSHOOT Modifikasi Suzuki Ertiga

“Custom speedometer juga di SPD dan lapis carbon kevlar panel-panel aksesoris interior dan stir,” ucap Jimmy.

Sementara untuk mesin belum ada ubahan, hanya saja Jimmy mengganti knalpot full system dengan tambahan valvetronix, remap, filter udara ferrox dan busi racing.

Baca juga: Apakah Fasilitas Reparasi Sasis dan Kabin Fuso Terima Merek Lain?

Bicara soal waktu dan biaya modifikasi, Jimmy tidak mengungkapkan secara pasti. Sebab, ia mengaku sangat menikmati proses modifikasi pada Suzuki Ertiga miliknya.

“Untuk waktu modif memang kita ikuti proses tanpa langsung di full upgrade, jadi saya tetap nikmati proses modifikasi walau memang agak menguras biaya. Estimasi bujet modifikasi yang sudah terpasang mungkin kurang lebih Rp 140 juta,” kata Jimmy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com