Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Head Unit Android China, Praktis dan Ekonomis

Kompas.com - 28/08/2023, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Tren modifikasi audio zaman sekarang salah satunya adalah beralih ke head unit Android. Sudah banyak juga merek dari China yang ekonomis dengan berbagai fitur yang menarik.

Haedir Balfas, Marketing dari Raja Audio di Bogor, mengatakan, memang ada perubahan tren modifikasi audio zaman sekarang. Kebanyakan orang tidak ganti head unit bermerk tapi lebih pilih head unit Android yang kaya fitur.

"Beberapa seperti Calya, Avanza lama, Brio, ramai ganti head unit," kata Haedir kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Solusi Bikin Layar Head Unit Mobil Listrik Aman dari Baret dan Virus

Head unit di GIIAS 2023Kompas.com/Nanda Head unit di GIIAS 2023

Kebanyakan orang yang mengganti head unit adalah karena ingin mendengar musik dari Youtube di mobil sampai menggunakan Google Maps. Jadi tidak repot lagi tengok-tengok ke HP, tinggal lirik ke head unit.

"Sebenarnya tren head unit sekarang ramai ini tidak seperti dulu, pakai merek-merek Jepang atau Amerika. Mereka juga ada yang Android, cuma harganya premium," kata Haedir.

Haedir mengatakan, sekarang yang ramai terjual adalah head unit merek China dengan harga Rp 1 jutaan. Berdasarkan pengalamannya, head unit dari China yang dulu belum Android sekarang sudah berkembang pesat.

Baca juga: Quartararo Protes, Sebut Motornya Sama dengan Punya Lorenzo


"China yang dulu dan sekarang jauh lebih baik. Kalau dibandingkan dengan merek Jepang, sudah lumayan bersaing dengan harga beda jauh kalau bicara fitur, soal kualitas sudah pasti berbeda," kata Haedir.

Cuma konsumen sekarang tampaknya sudah mengerti, selama berfungsi dengan baik dan sesuai kebutuhan, merek yang murah pun bisa jadi pilihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com