Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Bakal Produksi Mobil Hybrid Murah, Benarkah Veloz?

Kompas.com - 23/08/2023, 13:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengungkapkan niatnya untuk memperbanyak opsi mobil hybrid bagi semua segmen konsumen, khususnya entry level dan first car buyer.

Untuk diketahui, istilah first car buyer sendiri mengacu pada konsumen yang baru pertama kali membeli mobil. Bisa berupa remaja atau keluarga muda.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM menjelaskan, segmen mobil entry level di Indonesia terbilang gemuk, alias tinggi peminat dan banyak pembelinya.

“Khususnya di model-model kami yang LCGC, LMPV. Ada Agya, Avanza - Veloz, Calya, itu semua tinggi sekali peminatnya,” ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (19/8/2023).

Baca juga: Peugeot Sebut Mobilnya Aman Tenggak Pertamax Green 95

Toyota All New Avanza Nasmoco Toyota All New Avanza

Lebih lanjut, dia mengatakan konsumen Indonesia nampaknya sudah siap menerima varian model hybrid untuk mobil murah. TAM sendiri mengaku mulai mempertimbangkan opsi ini, dan diharapkan mulai dalam waktu dekat.

Menurut Anton, tidak menutup kemungkinan jika model LCGC dan LMPV seperti Agya, Calya, Avanza, serta Veloz, akan menerima suntikan teknologi hybrid.

“Rencana itu memang sudah ada, (tapi) butuh waktu untuk diskusi dengan principal dulu. Tapi kemungkinan besar akan diproduksi Hybrid untuk first car buyer,” kata dia

Dengan adanya inisiatif ini, Anton berharap agar teknologi Hybrid bisa dinikmati oleh semua lapisan konsumen, sekaligus menghapus anggapan jika kendaraan berbasis baterai hanya ada di segmen mobil premium.

Baca juga: Suspensi XForce Dianggap Keras, Ini Respons Mitsubishi

All New Alphard Hybrid sumbang penjualan tinggi untuk Toyota selama GIIAS 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy All New Alphard Hybrid sumbang penjualan tinggi untuk Toyota selama GIIAS 2023

Penambahan model kendaraan berbasis baterai ini juga merupakan komitmen TAM terhadap keputusan pemerintah, yakni menyediakan 20 persen sampai 30 persen model ramah lingkungan dari total keseluruhan yang dijual.

“Kita sudah mulai, terbaru kan sudah diluncurkan All New Alphard Hybrid, Rav4 Hybrid. Kedepannya pasti (jumlah kendaraan listrik akan bertambah,” ujarnya.

Sejauh ini TAM sudah memiliki beberapa varian hybrid, namun masih mengisi segmen menengah ke atas. Beberapa di antaranya adalah Innova Zenix Hybrid, Alphard Hybrid, Camry Hybrid, Corolla Altis Hybrid, serta lini terbarunya, yakni Rav4 Hybrid dan Corolla Cross Hybrid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com